Toko Digrebek Petugas Bulan Lalu Diduga Jual Onderdil Motor dan Oli palsu

Iklan Semua Halaman

Toko Digrebek Petugas Bulan Lalu Diduga Jual Onderdil Motor dan Oli palsu

12/04/2023


 Jember (jurnalbesuki.com) - Penggerebekan terhadap sebuah toko onderdil motor yang dilakukan petugas kepolisian di Desa/kecamatan Sumberjamber Kabupaten Jember Jawa Timur pada bulan Maret lalu karena diduga menjual barang palsu. Setelah dilakukan penyelidikan diperoleh data terdapat 2 merk Oli yang diduga kuat adalah barang palsu yang dijual ditoko tersebut.


Dua merk oli motor yang diduga palsu itu adalah merk Federal dan MPX2. Saat ini puluhan botol dari mer oli tersebut sudah diamanan unit Pidana Tertentu (Pidter) Satreskrim Polres Jember.


"Dari lidik yang kami lakukan ternyata ada beberapa onderdil motor yang diduga palsu dan ada dua merk oli yang hampir bisa dipastikan adalah oli palsu," tutur Kanit Pidter Polres Jember, Ipda Kukun Waluwi Hasanudin, Selasa (11/04/2023).


Dugaan bahwa barang-barang tersebut palsu menjadi semakin kuat setelah pihak Polres melakukan koordinasi dengan dealer resmi motor yang menjual merek-merk tersebut. 


"Terdapat perbedaan pada sisi luarnya. Kalau dlihat sekilas memang hampir sama. Tapi kalau diamati secara seksama akan kelihatan perbedaannya. Baik dari sisi kerapian maupun kecerahan warna botolnya," terang Kukun.


Penyidik, sambung Kukun, akan mengajukan uji tes laboratorium untuk benar-benar memastikan palsu tidaknya dua merek oli tersebut. Sehingga polisi memiliki bukti kuat untuk memproses hukum kasus itu.


"Kita ajukan uji lab untuk lebih memastikan lagi. Sebab dengan uji lab ini bisa diketahui kandungan apa saja yang ada di oli tersebut. Sama atau tidak denga yang asli," kata Kukun.


"Sementara ini dua merek itu yang sudah terindikasi palsu. Sedangkan merek lain yang dijual di toko Ivan Motor itu, seperti Castrol, EvaLube dan DeltaLube belum kita temukan indikasi palsu. Tapi lidik terus kita lakukan," imbuhnya.(yeni)