Suhu Panas Meningkat di Situbondo, Ini Pesan Dinkes kepada Warga

Iklan Semua Halaman

Suhu Panas Meningkat di Situbondo, Ini Pesan Dinkes kepada Warga

27/04/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Dalam beberapa hari terakhir, cuaca panas terus meningkat di sejumlah daerah di Indonesia, tidak terkecuali di 

Kabupaten Situbondo,  yang diketahui mempunyai garis pantai sepanjang 153 kilometer. 


Koordinator PUSDALOP BPBD Kabupaten Situbondo Puriyono mengatakan, sesuai prakiraan BMKG Jawa Timur, 

gelombang suhu panas akan terjadi dalam kurun waktu 5 hari kedepan atau lebih. Sehingga masyarakat dihimbau untuk antisipasi supaya tidak terjadi dehidrasi dan dampak lain. 


"Di Jawa Timur suhu harian bisa mencapai 35,4 derajat celsius," kata Puriyono Kamis (27/4/2023). 


Sementara itu, Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes)  Kabupaten Situbondo Desy Tariustanti mengatakan, untuk  mengantisipasi adanya gelombang suhu panas,  yang sedang melanda kawasan Situbondo, yang akan berdampak akan munculnya penyakit.


"Peningkatan gelombang suhu panas mempengaruhi terhadap perubahan metabolisme tubuh, bisa dehidrasi berlebih sehingga harus banyak air minum. Oleh karena itu, kami menghimbau agar warga Situbondo,"kata Desy,  Kamis, (27/4/2023). 


Menurut dia, meningkatnya suhu udara juga akan mempengaruhi terhadap kulit yang mudah iritasi atau mudah terbakar. Sehingga masyarakat dihimbau untuk memakai sanblock atau body lotion supaya kulit bisa lembab. 


"Tidak hanya itu, silau matahari yang berlebih bisa membuat mata risiko tinggi iritasi dan bisa peningkatan katarak mata," katanya. 


Kornea mata sangat sensitif terhadap silau matahari sehingga sebisa mungkin menghindari kontak secara langsung. Masyarakat dihimbau untuk tidak keluar pada siang hari untuk sementara waktu.


"Sebisa mungkin berteduh diantara jam 11 sampai jam 3 siang," pungkasnya.(ary)