Paska 7 Tahanan Polres Pasuruan Kabur, Polres Situbondo Perketat Pengamanan Sel

Iklan Semua Halaman

Paska 7 Tahanan Polres Pasuruan Kabur, Polres Situbondo Perketat Pengamanan Sel

02/01/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Polres Situbondo  memperketat pengamanan sel di mapolres  setempat,  sebagai upaya untuk  mengantisipasi kasus kaburnya tahanan, seperti kaburnya  tujuh  tahanan di Polres Pasuruan, Jawa Timur.


"Kami tingkatkan pengamanan penjagaan terhadap tahanan di Mapolres, untuk mengantisipasi terjadinya  tahanan  kabur di sel Mapolres Situbondo," kata Kapolres Situbondo  AKBP Andi Sinjaya, Senin (2/1/2023). 


Menurut dia, selain melihat langsung  kondisi ruang tahanan, petugas juga rutin cek kondisi para tahanan. Bahkan, pihaknya juga memasang kawat ram di ruang jemuran  sel Mapolres Situbondo, sebagai upaya antisipasi kaburnya tahanan.


"Petugas juga memantau CCTV yang terpasang di ruangan sel Mapolres Situbondo. Ini dilakukan sebagai upaya  mengantisipasi agar kejadian kaburnya tahanan di Polres Pasuruan  tidak terjadi di Jember," bebenya.


Menurut dia, pihaknya melakukan prosedur tetap pengamanan tahanan sesuai SOP,  yakni setiap hari dilakukan pengecekan terhadap kondisi tahanan, mulai dari segi keamanan, pengamanan, kebersihan dan kondisi tahanan.


"Untuk keamanan setiap hari ada petugas jaga yang memantau tahanan, termasuk juga perwira menengah pengawas yang selalu melakukan kontrol pengawasan terhadap penjaga yang bertugas jaga di sel tahanan,"imbuhnya.


Perwira melati dua dipundaknya berharap    petugas jaga   untuk selalu waspada, sehingga selalu ada pengamanan berlapis dan begitu juga saat serah terima piket petugas lama dan baru harus benar-benar diperhatikan, sehingga diharapkan tidak ada yang luput dari perhatian dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


"Semua dapat terpantau dengan baik dan meminimalisir tahanan untuk kabur. Terkait kondisi ruang tahanan sendiri sejauh ini masih sangat baik,  karena rutin  dikontrol oleh petugas, jika ada yang kurang baik, maka akan diperbaiki mulai jeruji, plafon, dan fasilitas lainnya di sel,"pungkasnya.(ary)