Maksud dan Arti Simbiosis Lengkap Dengan Contohnya

Iklan Semua Halaman

Maksud dan Arti Simbiosis Lengkap Dengan Contohnya

07/01/2023


 jurnalbesuki.com - Setiap makhluk hidup yang ada di dunia pasti berinteraksi satu sama lain ketika berada di tempat dan waktu yang sama.


Hubungan interaksi antar makhluk hidup disebut dengan simbiosis. Simbiosis terjadi dalam berbagai jenis tergantung interaksi yang terjadi. Berikut ini adalah jenis-jenis simbiosis.


1. Simbiosis mutualisme 


Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan. Jenis simbiosis yang terjadi antara lebah dan bunga yaitu simbiosis mutualisme. Dalam hubungan ini, lebah mendapatkan nektar untuk diolah menjadi madu, sedangkan bunga terbantu penyerbukannya. 


Berikut ini yang termasuk hubungan mutualisme yaitu hubungan antara kerbau dan burung jalak. Burung jalak mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan kutu dari tubuh kerbau untuk menjadi makanannya, sedangkan kerbau mendapat keuntungan karena kutu di kulitnya berkurang. 


Contoh lainnya adalah bakteri E. coli di dalam usus besar manusia yang berfungsi mempercepat proses pembusukan sisa makanan. Bakteri E. coli sendiri mendapatkan keuntungan karena mendapatkan makanan dari sisa makanan tersebut.


 2. Simbiosis parasitisme 


Simbiosis parasitisme ada hubungan antara dua makhluk hidup yang hanya menguntungkan satu makhluk hidup dan merugikan pihak lainnya. 


Contoh simbiosis parasitisme adalah hubungan benalu dengan pohon. Benalu mendapatkan keuntungan karena mendapatkan makanan dari pohon, sedangkan pohon dirugikan karena makanannya diambil sebagian oleh benalu.


Kutu mendapatkan makanan dengan mengisap darah dari tubuh hewan. Tapi, hewan yang dihinggapi akan merasa gatal dan menjadi tidak sehat akibat kutu tersebut. Hubungan antara nyamuk dan manusia termasuk ke dalam simbiosis parasitisme.


Nyamuk mengisap darah manusia, sedangkan manusia merasa gatal dan berisiko tertular penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, seperti malaria dan demam berdarah.


3. Simbiosis komensalisme 


Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang menguntungkan satu pihak, namun tidak menimbulkan kerugian pada pihak lainnya. 


Hubungan simbiosis komensalisme terjadi pada ikan remora dengan ikan hiu. 


Ikan remora mendapatkan keamanan dari gangguan ikan pemangsa dan mendapatkan makanan dari sisa-sisa mangsa hiu. Namun, ikan hiu tidak dirugikan apapun karena ikan remora tidak merebut mangsa hiu atau kerugian lainnya.(kompas/hans)