Dilaporkan Hilang, 2 Orang Nelayan Situbondo Ditemukan Selamat

Iklan Semua Halaman

Dilaporkan Hilang, 2 Orang Nelayan Situbondo Ditemukan Selamat

08/12/2022


 SIitubondo (jurnalbesuki.com - Sempat dilaporkan hilang  saat melaut di perairan Kalbut,  Desa Tanjung Pecinan, Mangaran, Kabupaten  Situbondo, dua orang nelayan  ditemukan dalam kondisi selamat, Kamis (8/12/2022).


Dua orang nelayan Situbondo yang ditemukan dalam kondisi  selamat. Masing-masing adalah,  Muhajib (47) warga  Dusun Barat Lapangan Desa/Kecamatan Mangaran, dan Niwan (50) warga Dusun Kaliasin, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Situbondo.


Informasi yang dihimpun, sebelum dilaporkan hilang oleh keluarganya, dua orang nelayan tersebut nekat melaut pada Senin  (5/12/2022) 14.00 WIB, kedua nelayan tersebut  melaut menggunakan perahu  mesin kecil, untuk mencari ikan di perairan Kalbut, Desa  Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.


Namun, saat keduanya asyik  mencari ikan, tiba-tiba  mesin motor perahunya   macet,  sehingga mengakibatkan perahu kecil yang ditumpangi kedua nelayan   terombang-ambing di perairan perbatasan antara perairan Sepudi Madura dengan perairan Kalbut, Situbondo.


Beruntung, di saat  kedua korban dan perahu kecilnya  terombang-ambing di tengah laut, ada salah satu perahu mesin tetangganya yang melintas, yakni perahu Pak Amir, sehingga kedua orang nelayan langsung dievakuasi. Bahkan, langsung diberi dan minum para nelayan yang menolongnya, sedangkan perahu milik korban langsung ditarik. 


"Alhamdulillah, saya mendapat pertolongan dari Allah SWT, sehingga saya masih diberi  kesempatan untuk  hidup, setelah sebelumnya sempat terombang-ambing selama dua hari, dengan hanya berbekal roti dan air mineral,"kata Muhajib, Kamis (8/12/2022).


Kasatpolirud Polres Situbondo AKP Muhammad Hasanudin  membenarkan, jika dua orang nelayan yang sempat dinyatakan hilang, ditemukan dalam kondisi selamat.


“Setelah dilaporkan hilang saat melaut oleh keluarganya, Alhamdulillah keduanya nelayan  ditemukan dalam kondisi selamat, setelah mesin  perahunya macet di perbatasan antara perairan Kalbut dengan perairan Sepudi   Madura,”kata AKP Muhammad Hasanudin, Kamis (8/12/2022).


Menurut dia, berdasarkan pengakuan Pak Amir, salah seorang nelayan yang menolong   kedua korban. Sebetulnya kedua nelayan tersebut dievakuasi pada Rabu (6/12/2022) lalu, namun kedua korban diajak untuk mencari ikan, mengingat saat itu masih perjalanan mencari ikan.


"Setelah mendapat informasi dua nelayan berhasil diselamatkan, dengan menggunakan speadboat petugas langsung mengevakuasi keduanya dari perahu miliik Pak Amir. Selanjutnya, kami langsung menyerahkan kedua nelayan tersebut kepada keluarganya,"pungkasnya.(ary)