Tiga Daerah di Jatim Berpotensi Likuifaksi, Jember Salah Satunya

Iklan Semua Halaman

Tiga Daerah di Jatim Berpotensi Likuifaksi, Jember Salah Satunya

11/10/2022

Sriyono, Kabid Kedaruratan -Logistik BPBD Jatim (foto. detik)


Surabaya (jurnalbesuki.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menyebut ada tiga daerah yang berpotensi terjadi bencana Likuifaksi yaitu pencairan tanah. 


"Likuifaksi adalah pencairan tanah berpotensi di 3 Daerah Jawa Timur. Likuifaksi seperti yang pernah terjadi di Palu tahun 2018 lalu. Likuifaksi ini seperti tanah yang tiba-tiba ambles," ujar Kabid Kedaruratan Logistik BPBD Jatim, Sriyono pada Senin (10/10/2022).


Hasil penelusuran dan penelitian yang dilakukan, diperoleh 3 Daerah yang berpotensi mengalami bencana tersebut masing-masing adalah Kabupaten Banyuwangi, Lumajang dan Jember. "Jadi Likuifaksi ini masih baru masuk potensi bencana di Jawa Timur," terang Sriyono.


Ketiga Daerah potensial bencana Likuifaksi itu menurut Sriyono sudah dihubungi dan diberitahu melalui surat resmi dari lembaganya. Diharapkan agar lembaga yang dituju bisa melakukan tindakan-tindakan lebih lanjut untuk melakukan antisipasi.


"BPBD Jatim siaga 24 jam melalui Pusdalops. Kesiapan logistik juga siap kalau sewaktu-waktu kabupaten/kota membutuhkan bantuan," sambungnya.


Sementara Kasi Kedaruratan-Logistik BPBD Jatim Heru Wibowo menambahkan, untuk bencana likuifaksi hanya potensi. Artinya, bisa terjadi atau tidak. "Jadi ini potensi, bukan prediksi ya. Potensi bisa terjadi atau tidak," pungkasnya.(detik/hans)