Peringati Hari Penglihatan Sedunia, 400 Penderita Katarak Jalani Operasi Gratis

Iklan Semua Halaman

Peringati Hari Penglihatan Sedunia, 400 Penderita Katarak Jalani Operasi Gratis

15/10/2022


Situbondo (jurnalbesuki.com) - Sebanyak 400 orang penderita mata  katarak, menjalani operasi gratis di RSD Besuki, Situbondo, dalam momen peringatan hari penglihatan se-dunia Tahun 2022.


"Untuk hari ini (Sabtu red-) ada 70 pasien katarak, namun jumlah total selama  kegiatan bhakti sosial peringatan hari penglihatan se-dunia, tercatat sebanyak 400 pasien katarak,"kata Imam Haryono, Direktur RSD Besuki, Situbondo, Sabtu (15/10/2022).


Menurut dia, dalam kegiatan bhakti sosial ini, pihaknya bekerjasama 

 dengan Klinik Mata Tritya Surabaya, Pemkab Situbondo dan Bank Jatim Situbondo.


"Namun, yang pasti, tujuan operasi katarak gratis dalam momen peringatan hari mata sedunia, yakni agar warga Situbondo terbebas dari penyakit katarak,"bebernya.


Pria yang akrab dipanggil menambahkan, 

peringatan hari penglihatan sedunia (World Sight Day/WSD) dilaksanakan, dengan tujuan  untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan mata. Walaupun, teknologi kedokteran sudah berkembang pesat.


"Namun, masih banyak orang  yang mengalami gangguan penglihatan. bahkan mengalami kebutaan di seluruh dunia,"imbuhnya.


Pada tahun 2022 ini, sambung  Imam, peringatan Hari Penglihatan Sedunia megusung tema ”Love Your Eyes atau Cintai Matamu, yang bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk melindungi kesehatan matanya. “Selain itu, juga untuk mewujudkan rasa empati kepada orang yang mengalami gangguan penglihatan dan tidak memiliki akses ke layanan perawatan mata,”pungkasnya.


Sementara itu, Direktur Klinik Mata Tritya Surabaya dr Armanto Sidohutomo, S.pM  mengatakan, pada momentun peringatan Hari Penglihatan Sedunia, pihaknya melaksanakan operasi mata katarak gratis kepada 70 pasien.


“Untuk keseluruhan, sejak awal di buka bakti sosial operasi mata katarak gratis yang dilaksanakan Klinik Mata Tritya Surabaya bekerjasama dengan RSUD Besuki, Kabupaten Situbondo jumlahnya mencapai 400 pasien,"katanya.(ary)