Tips Penting Bagi Pengendara Yang Mendadak Alami Rem Blong

Iklan Semua Halaman

Tips Penting Bagi Pengendara Yang Mendadak Alami Rem Blong

01/09/2022

 Foto: istimewa


jurnalbesuki.com - Mengalami rem blong saat berkendara menjadi hal sangat mengerikan bagi pengendara. Kepanikan tentu saja menjadi hal yang selalu dialami pengemudi jika hal itu terjadi. Apalagi jika kendaraan yang dikemudikan sedang dalam keadaan melaju kencang, jalanan ramai atau sedang pada kondisi jalanan menurun.


Teapi ada tips yang dibagikan para ahli agar bisa meminimalisir resiko yang bisa terjadi jika anda mengalami rem blong. 


Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan jika mengalami kejadian tersebut:


1. Mencoba untuk bersikap tenang


Ketenangan dalam sikap dan pikiran akan membantu anda agar bisa berpikir jernih. Memang sulit untuk dilakukan, tetapi jika anda panik, maka akan menjadi kesulitan untuk mengatasi kendaraan.


Direkomendasikan agar sempat menarik nafas panjang dan hembuskan. Sikap tenang akan membantu agar bisa mengatasi situasi sulit.



2. Beri tanda bahaya pada pengendara lain


Agar terhindar dari tabrakan, coba bunyikan klakson dan nyalakan sein. Pengendara lain harus tahu keadaan Anda, alih-alih memberikan jalan.


Di jalan yang menurun biasanya ada bantalan empuk yang disiapkan untuk mengantisipasi kendaraan yang mengalami rem blong. Seperti di tikungan Pacet, Mojokerto.


3. Menghindar dari keramaian


Tergantung situasi memang. Namun jika memungkinkan, Anda bisa menghindar dari keramaian.


Arahkan kendaraan ke tempat yang luas seperti lapangan atau tanah kosong. Tujuannya sama seperti cara sebelumnya, yaitu menghindari tabrakan dengan pengendara lain.


Mengapa Rem Blong?

Rem blong terjadi bukan tanpa sebab. Tentu ada kondisi yang menyebabkan rem kendaraan Anda tidak berfungsi secara optimal. Berikut dua penyebab rem blong:


1. Menggunakan kedua rem secara bersamaan


Rem yang terlalu lama ditekan akan menimbulkan panas pada kampas rem. Itu dapat mengurangi viskositas dari oli yang akhirnya mencair dan blong. Ada baiknya, kedua rem dipakai secara bergantian.


2. Piston atau kampas rem rusak


Ini terjadi karena faktor usia. Pemeriksaan rem harus rutin dilakukan setelah jarak yang ditempuh sudah lebih dari 10.000 km. Kualitas minyak rem yang buruk juga bisa menjadi penyebab rem blong pada kendaraan.


- Persiapan sebelum menanjak atau menuruni medan ekstrem:

- Mengecek kondisi rem dan mesin kendaraan

- Mengajak rekan yang lihai berkendara di medan ekstrem

- Pastikan kondisi prima dan siap berkendara sesuai dengan standar keamanan


(detik/hans)