Tiga Ekor Hiu Tutul Bobot 1,5 Ton Mati Terdampar di Pesisir Selatan Jember

Iklan Semua Halaman

Tiga Ekor Hiu Tutul Bobot 1,5 Ton Mati Terdampar di Pesisir Selatan Jember

29/08/2022

 Hiu Tutul yang terdampar di pesisir selatan Jember (foto. antarajatim)


Jember (jurnalbesuki.com) - Tiga Ikan Raksasa jenis Hiu Tutul (Rhyncodon Typus) ditemukan dalam keadaan sudah mati di pesisir selatan Kabupaten Jember Jawa Timur selama hari berturtut-turut yaitu Minggu (28/08/2022) 2 ekor dan Senin siang (29/08/2022) ditemukan seekor.


Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah III Jember, Purwantono menyatakan Penemuan dua ekor Hiu Tutul itu berlokasi Pantai Canga'an Desa Sumberrejo Kecamatan Ambulu Jember dan Pantai Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. "Lalu hari senin ini ditemukan lagi Hiu Tutul mati di Pantai Nyamplong Kobong Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember," ujarnya, Senin (29/08/2022).


Purwantono menyatakan bahwa jenis ikan yang mati terdampar itu merupakan salah satu Satwa yang dilindungi penuh berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 Tahun 2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus, sehingga harus dijaga kelestariannya.


"Apabila ikan hiu tersebut terdampar dalam kondisi hidup, maka harus dikembalikan ke habitatnya di laut dan apabila terdampar di pantai dalam keadaan mati, maka harus dikubur," katanya.


Ketiga ikan Hiu yang ditemukan sudah dalam keadaan mati itu harus dikuburkan. Tetapi petugas mendapatkan kesulitan untuk menguburkan ketiga ikan tersebut. Pasalnya, bobot ikan tersebut mencapai satu ton lebih dan bangkainya belum benar-benar menepi ke pantai.


Purwantono mengatakan pihaknya masih belum mengetahui penyebab terdamparnya sejumlah hiu tutul di pesisir selatan Kabupaten Jember dan Lumajang.


Sementara Kepala Satpolair Polres Jember AKP M. Na'i mengatakan hiu tutul dalam kondisi mati yang terdampar di Pantai Cangak'an memiliki panjang 8 meter dengan bobot 1,5 ton.


Petugas kesulitan mengubur karena beratnya hiu tutul tersebut dan lokasi pantai jauh dari permukiman penduduk, namun hari Senin ini rencananya akan dikubur dengan bantuan nelayan dan Tim SAR Rimba Laut," tuturnya.


Sedangkan, hiu tutul yang terdampar di Pantai Nyamplong Kobong di Desa Kepanjen memiliki panjang sekitar 6 meter dan bobot diperkirakan 1,5 ton dalam kondisi sudah mati.


"Kami sudah melakukan pengecekan di lokasi terdamparnya hiu tutul itu dan ternyata benar hiu tutul tersebut terdampar dalam keadaan sudah mati, sehingga bangkai ikan itu akan dikubur," katanya.(antara/hans)