Kapal Dengan Ribuan Tabung Gas Terbakar di Perairan Sumenep

Iklan Semua Halaman

Kapal Dengan Ribuan Tabung Gas Terbakar di Perairan Sumenep

29/08/2022

Ilustrasi kapal terbakar di Sumenep (foto. Dok cnnindonesia)


Sumenep (jurnalbesuki.com) - Kapal Layar Motor (KLM) dengan muatan berat berupa ribuan tabung gas jenis LPG di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mengalami kebakaran.


Berdasarkan informasi yang dihimpun dari kepolisian setempat, peristiwa kebakaran tersebut diduga terpicu akibat satu tabung bocor lalu menyambar ke mesin kapal.


Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti dalam keterangannya pada Minggu (28/08/2022) mengatakan kapal bernama 'Aven Selon 03' itu dilaporkan membawa sekitar 3.920 tabung LPG. Adapun peristiwa terbakarnya kapal tersebut terjadi di perairan sekitar Pulau Manokan, Sapeken.


Dalam insiden tersebut ada empat korban. Tiga mengalami luka bakar, dan satu lainnya bisa selamat. Para korban itu adalah Abd Rahman (48), Samsuri (36), Ajim (34), dan Solihan (42). Mereka hidup satu kampung di Desa Sapeken, Kabupaten Sumenep.


Widiarti menjelaskan kapal nahas itu membawa ribuan tabung gas dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Sapeken. Kapal berangkat pada Sabtu (27/8) sekitar pukul 11.00 WIB namun selang perjalanan di waktu pukul 18.00 WIB kapal mengalami peristiwa kebakaran.


"Nakhoda dan para ABK (anak buah kapal) menyelamatkan diri menaiki menggunakan papan rakit. Lalu nakhoda menghubungi via telepon pemilik kapal untuk melakukan pencarian. Sekira pukul 04.00 WIB mereka ditemukan," kata Widiarti.


Setelah ditemukan, para korban mendapatkan perawatan medis di Puskesmas Sapeken. Bagi yang mendapat luka serius rencananya dirujuk ke RS Singaraja Bali.


Akibat peristiwa ini, kapal yang memuat ribuan tabung LPG itu ditaksir mengalami kerugian kurang lebih Rp1,5 miliar.(cnnindonesia/hans)