Agar Jadi Pimpinan Amanah, Warga Menggelar  Ritual Mandikan Kades Mangaran 

Iklan Semua Halaman

Agar Jadi Pimpinan Amanah, Warga Menggelar  Ritual Mandikan Kades Mangaran 

09/08/2022


 SItubondo (jurnalbesuki.com) - Warga Desa/Kecamatan Mangaran, Situbondo menggelar ritual unik, yakni memandikan Kepala Desa (Kades) setempat pada momen muharram. Itu dilakukan agar Lilik Linarno menjadi Kades yang amanah.


Menariknya, sebelum menggelar ritual memandikan Kadesnya, ratusan santri dari sejumlah musala mengikuti pawai lampion,  dengan start depan masjid Jamik dan finish di lapangan sepak bola Mangaran, Situbondo.


Bahkan, sejumlah habaib dara para kiai juga ikut memandikan Kades Mangaran Lilik Linarno. Selanjutnya, kegiatan ritual ditutup dengan kegiatan pengajian umum,  dan doa bersama para  kiai dan habaib.


Kepala Desa/Kecamatan Mangaran, Situbondo Lilik Linarno mengatakan, kegiatan ritual memandikan ini, diyakini dapat menciptakan Kades yang amanah, yakni peminpin yang berpihak kepada rakyat.


"Selain itu, kegiatan ritual memandikan Kades dan istri,  yang dilanjutkan dengan doa bersama, diharapkan masyarakat dijauhkan dari malapetaka, seperti bencana banjir dan bencana yang lain,"kata Lilik Linarno, Selasa (9/8/2022).


Menurut dia, sebelum kegiatan puncak  doa bersama, sebelumnya kami   menggelar tahlil dan doa bersama di sejumlah makam leluhur dan sesepuh  Desa/Kecamata Mangaran.


"Ritual ini rutin dilaksanakan setiap tahun, agar Kades yang dimandikan menjadi pimpinan amanah, dan kebijakan berpihak  kepada warganya,"pungkasnya.(fatur)