Jelang Wukuf Arofah, Jamaah Calon Haji Bimbingan KBIHU Bismika Jember Ikut Program Tarwiyah

Iklan Semua Halaman

Jelang Wukuf Arofah, Jamaah Calon Haji Bimbingan KBIHU Bismika Jember Ikut Program Tarwiyah

08/07/2022


 Makkah (jurnalbesuki.com) - Seluruh Jamaah Calon Haji yang tergabung dalam asuhan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Bismika Kabupaten Jember pada malam kedelapan Dzulhijah bertolak dari Makkah menuju Mina dan bermalam ditenda Mina. 

Langkah itu dilakukan karena KBIHU Bismika selalu mengiuti program Tarwiyah sejak tahun 2015 hingga saat ini. "Malam ini kita akan bermalam ditenda Mina, dan besok pagi kami beserta jamaah Bismika akan berangkat menuju Arofah karena bakda Dluhur kita sudah masuk proses Wukuf," ujar HM. Madini Farouq, Ketua KBIHU Bismika Jember melalui voicenote yang dikirim kepada jurnalbesuki.com, Jumat (08/07/2022) dini hari.


Program itu menurut Madini adalah bagian dari mencontoh cara Nabi Muhammad ketika melaksanakan Ibadah Haji. "Kami mencontoh cara hajinya Rosulullah yang tidak pernah tidur di arofah, tetapi selalu tidur di Mina pada tanggal 8 dzulhijah atau hari Tarwiyah. Karena itu Tarwiyah adalah sunnah Nabi yang Afdhol untuk kami ikuti," terang pria yang biasa disapa Gus Mamak menjelaskan.


Lebih jauh Madini menceritakan, kondisi Jamaah bimbingannya bisa menikmati kegiatan Program Tarwiyah itu dengan suka cita. Apalagi program Tarwiyah itu biasanya dilakukan oleh Jamaah Haji jalur plus. Sebagian jamaah Bismika menyebut perjalanan Haji Reguler serasa jalur Haji Plus. 


Madini mengaku tidak ada kendala dalam pelaksanaan bimbingan yang menjadi tanggung jawabnya. Kondisi jamaah disebut ada pada kondisi sehat dan siap melaksanakan kegiatan ibadah terutama untuk Wukuf besok. "Alhamdulllah konsumsi yang disediakan oleh pihak maktab juga bagus. Kami dapat sajian makanan beragam mulai dari menu nasi buchori, nasi mindi, nasi biryani dan menu arab lainnya," terangnya.(hans)