Jangan Dibuang Ya Gaes, Ini Manfaat Teh Celup Bekas Yang Rekomended

Iklan Semua Halaman

Jangan Dibuang Ya Gaes, Ini Manfaat Teh Celup Bekas Yang Rekomended

25/07/2022


 jurnalbesuki.com - Ketika membuat teh celup, seringkali orang langsung membuang kantong teh celup. Padahal, teh celup bekas bisa digunakan kembali dengan cara ini.

Beberapa jenis teh yang kini hadir di pasaran sudah dikemas dalam bentuk kantong teh. Tidak ada yang membedakan teh ini dengan daun teh aslinya. Hanya bentuknya saja yang dibuat menjadi lebih praktis.


Biasanya kantong teh diseduh dalam air panas untuk beberapa waktu. Namun setelah selesai menyeduhnya, banyak orang yang langsung membuang teh celup bekas ke tempat sampah.


Padahal, teh celup bekas itu bisa dimanfaatkan kembali. Mulai dari diseduh menjadi secangkir teh baru hingga dibuat menjadi perasa pada kue.


Jika kamu habis menyeduh teh celup, pastikan untuk tidak membuang kantongnya. Merangkum tastingtable.com (18/07), berikut cara terbaik untuk menggunakan kembali teh celup bekas.


1. Menyeduhnya Kembali


Cara paling mudah dan praktis untuk menggunakan kembali teh celup bekas yaitu dengan menyeduhnya kembali dalam secangkir air panas.


Meskipun banyak orang mengira bahwa menggunakan kembali teh celup ini akan menghasilkan minuman yang tidak kuat rasanya, tetapi menurut Octavia Tea, hal ini tidak akan terjadi jika kamu menggunakan daun teh berkualitas baik.


Teh dengan kualitas tinggi memiliki rasa yang lebih pekat, sehingga penyeduhan kedua pun tetap akan menghasilkan teh yang nikmat.


Namun jika rasanya masih kurang, mereka merekomendasikan untuk menambah satu menit waktu seduhan setiap kali menggunakan kantong teh kembali.


Seharusnya daun teh berkualitas tinggi akan mengeluarkan rasa yang unik setelah dua atau tiga seduhan.


Teh celup bekas ini tidak harus langsung diseduh kembali. Kamu bisa menyimpannya dengan benar yaitu direndam dalam sedikit air dan di lemari es, lalu gunakan teh celup bekas kembali dalam beberapa hari.


2. Menjadikan Kantong Teh Bekas Sebagai Perasa Makanan


Menyeduhnya kembali bukan menjadi salah satunya cara untuk memanfaatkan sisa kantong teh itu. Cara lain dengan menggunakannya sebagai perasa di makanan.


Ini bisa dilakukan dengan cara menggantung teh celup bekas di air mendidih. Apartment Therapy juga merekomendasikan untuk menggunakan air teh itu menjadi perasa tambahan dalam masakan.


Rebusan teh celup bekas ini bisa ditambahkan ke dalam oatmeal dan dicampur dengan chai atau kayu manis. Sisa air dari rebusan teh celup juga bisa digunakan untuk memasak nasi atau quinoa agar lebih harum.


3. Kantong Teh Celup Bekas Bisa Dijadikan Bahan Adonan Kue


Teh celup bekas juga bisa diolah menjadi kue, roti, atau makanan penutup lainnya. Ini bahkan bisa menjadi cara terbaik untuk memanfaatkan kembali teh celup bekas itu.


Slate menjelaskan bahwa untuk menambahkan rasa teh ke roti, ini bisa dilakukan dengan menambahkan daun teh pada teh celup bekas ke dalam panci berisi mentega cair atau dengan menambah teh kering ke dalam adonan.


Sementara jika ingin membuat kue atau kue kering, teh seperti earl grey, vanilla, dan chai menjadi jenis yang paling cocok untuk diolah menjadi kue.


Tak jauh berbeda dengan pembuatan roti, teh celup bekas juga bisa dimasukkan ke dalam adonan kue.(detik/hans)