Saling Sindir, Hubungan PAN dan PKB Memanas

Iklan Semua Halaman

Saling Sindir, Hubungan PAN dan PKB Memanas

19/06/2022


 Jakarta (jurnalbesuki.com) - Hubungan antara Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkita Bangsa (PKB) pasca reshufle Kabinet memanas. Hal itu terbukti dengan saling lontar sindiran antara pimpinan kedua partai. 


Sindiran bermula dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang menyindir Zulkifli Hasan yang dipercaya sebagai menteri Perdagangan dengan sindiran sosok menteri baru yang dinilai akting kaget.


Diketahui, Menteri Perdagangan baru, Zulkifli Hasan, langsung tancap gas pada hari pertamanya menjabat. Pagi hari dia melakukan kunjungan kerja ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur.


Zulhas mengecek harga pokok komoditas pangan, seperti beras, telur, minyak daging, dan lainnya. Dia mengaku kaget dengan kondisi harga pangan di Pasar Cibubur.


"Saya shock. Pembeli ngeluh, yang dagang juga ngeluh," katanya di depan wartawan, dilansir detikFinance, Kamis (16/6/2022). Zulhas mengatakan terjadi kenaikan di hampir semua komoditas pangan, kecuali beras.


Sementara itu, muncul sindiran dari Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang mengungkit terkait sosok menteri baru yang disebut akting pakai kaget. 


Sindiran itu lalu dibalas oleh PAN dengan sindiran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar 'seperti tidak ada'. Kemudian sindiran tersebut kembali dibalas PKB yang meminta pendatang baru tahu diri. Hingga akhirnya PAN menjawab keputusan reshuffle kabinet tidak selalu membuat senang semua pihak.


Seperti diketahui, ada dua menteri yang dilantik Presiden Jokowi dalam reshuffle kabinet 15 Juni. Dua menteri itu adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.


Di antara dua menteri baru itu, yang ditunjuk mengurusi soal barang adalah Zulhas selaku Menteri Perdagangan. Sedangkan Hadi ditunjuk sebagai Menteri ATR/Kepala BPN.(detik/hans)