Kronologi Ibu Kandung Aniaya Bayi 5 Bulan Hingga Tewas

Iklan Semua Halaman

Kronologi Ibu Kandung Aniaya Bayi 5 Bulan Hingga Tewas

27/06/2022


 Surabaya (jurnalbesuki.co) - Ado, bayi nahas yang masih berusia 5 bulan tewas setelah dianiaya ibunya sendiri. Bayi mungkin laki-laki itu mengembuskan nafas terakhir setelah dibanting 2 kali dan ditinju bagian punggungnya. 


Pihak Kepolisian yang langsung melakukan penyelidikan langsun menangkap ibu kandungnya Eka sebagai tersangka. Dihadapan petugas, Eka mengaku serig jengkel dan emosi karena Ado sering rewel dan menangis. 


Kapolsek Wonocolo Kompol Kompol Roycke Hendrik Fransisco sempat menyampaikan kronologi bagaimana bayi 5 bulan yang tak berdosa itu tewas setelah 2 kali dilempar (dibanting) ke kasur. Hingga korban mengalami pecah pembuluh darah, meninggal, dan dibiarkan membusuk di dalam kamar.


Berikut ini kronologi penganiayaan bayi 5 bulan oleh ibu kandungnya sendiri:

1. Dua Kali Dibanting Usai Dimandikan

Penganiayaan terhadap bayi ADO oleh Eka ibunya sendiri terjadi pada Rabu (22/6/2022) lalu. Roycke menyebutkan, peristiwa itu bermula pada Senin sore sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu Eka sempat memandikan ADO yang merupakan anak kedua.


Roycke mengutip keterangan saksi ESB (46) yang merupakan nenek korban. Pada Selasa sore itu Eka yang merupakan putri kandungnya sempat memandikan bayi ADO. Setelah dimandikan, korban dibawa masuk ke kamar untuk diberi pakaian.


"Di kamar itu pelaku bersama anak pertama. Korban anak kedua berusia 5 bulan. Karena korban menangis terus menerus, pelaku menggendong korban dengan posisi duduk di pinggir kasur. Kemudian korban dilempar oleh pelaku ke kasur, sehingga sempat terjatuh terhempas ke tempat tidur dalam posisi terlentang," ujar Roycke.


Rupanya, tindakan itu tidak membuat puas pelaku. Mungkin karena mengetahui bahwa bayinya masih saja menangis sekali lagi ia membanting putranya itu ke kasur hingga akhirnya terdiam.


"Sesudah itu pelaku mengulangi lagi melempar korban di atas tempat tidur. Kemudian bayi ini terdiam, tidak menangis," kata Roycke.


Berdasarkan hasil pemeriksaan Tim Inafis Polrestabes Surabaya, ditemukan cairan yang keluar dari bagian belakang kepala bayi itu akibat benturan. Cairan diduga karena terjadinya penggumpalan darah yang mengakibatkan pecahnya pembuluh darah hingga menyebabkan bayi itu tewas.


2. Masih Dipukul di Bagian Punggung

Entah apa yang membuat tersangka Eka melakukan perbuatan sekeji itu terhadap putranya sendiri. Tidak hanya telah membanting bayi yang lahir dari rahimnya sendiri, setelah bayi itu terdiam, pelaku masih tega memukul bagian punggung bayi itu.


"Selanjutnya pelaku membalikkan tubuh korban dengan posisi terlungkup. Pelaku memukul korban dengan telapak tangan sebanyak satu kali. Kemudian pelaku melihat korban sudah tertidur dan tidak bergerak. Selanjutnya pelaku menitipkan korban kepada saksi (nenek korban) dan pergi meninggalkan kamar," kata Roykce.


Keesokan harinya pada Kamis (23/6/2022) pukul 22.00 WIB, ESB nenek korban hendak membangunkan korban karena hendak memberinya makanan pengganti asi.


"Saksi hendak membangunkan korban mau diberi makanan susu, karena korban ini masuk dalam kategori bayi stunting di Kecamatan Wonocolo, bayi yang kekurangan gizi. Sehingga, saksi melihat tubuh korban dalam kondisi lebam biru, dingin, dan sudah tidak bergerak," ujar Roycke.(detik/hans)