Ini Dia 5 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

Iklan Semua Halaman

Ini Dia 5 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

11/05/2022


jurnalbesuki.com - Mendonorkan darah dari seseorang selain bisa membantu orang lain yang membutuhkan bantuan tranfusi darah, ternyata besar manfaatnya bagi kesehatan. 


Apa saja manfaat bagi kesehatan tubuh yang bisa didapat oleh seorang pendonor? Berikut penjelasannya!


1. Mengidentifikasi masalah kesehatan


Setiap calon pendonor hendak mendonorkan darahnya, mereka diharuskan melakukan pemeriksaan fisik sederhana dan tes darah. Dilansir dari Medical News Today, meskipun ini bukan tes mendalam, tapi bisa mengidentifikasi masalah kesehatan, seperti anemia, tekanan darah tinggi atau rendah.


2. Kesehatan jantung


Studi pada 2019 meneliti 160 ribu wanita yang telah mendonorkan darah selama 10 tahun atau lebih. Hasilnya, donor darah menawarkan efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.


3. Manajemen berat badan


Mendonorkan darah diklaim membakar 650 kalori. Tetapi, tampaknya tidak ada bukti ilmiah untuk membuktikan ini. Kehilangan kalori ini akan bersifat jangka pendek dan tidak membantu seseorang menurunkan berat badan.


Namun studi pada 2012 menemukan, penimbangan yang dilakukan pusat donor darah sebelum seseorang mendonorkan darah bisa membantu mengidentifikasi orang dengan obesitas. Ini juga bisa mengidentifikasi orang dengan berat badan rendah.


4. Tekanan darah


Beberapa studi telah merekomendasikan, donor darah bisa mengurangi tekanan darah. Pada 2015, para ilmuwan memantau tekanan darah dari 292 donor yang melakukan donor satu hingga empat kali selama setahun. Sekitar setengahnya memiliki tekanan darah tinggi.


Secara keseluruhan, mereka yang memiliki tekanan darah tinggi mengalami peningkatan dalam pembacaan mereka. Semakin sering seseorang mendonorkan darah, semakin terjadi peningkatan.


Ilmuwan lain menunjukkan, tes tekanan darah adalah bagian integral dari donor darah, sehingga menjadi kesempatan yang baik bagi orang untuk menyadari bacaan mereka. Jika perlu, mereka bisa belajar cara mengurangi tekanan darah.


5. Bermanfaat bagi Kesehatan Mental


Donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan mental pendonor. Dilansir dari Healthline, mendonorkan darah bisa mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan emosional, membantu menyingkirkan perasaan negatif, dan memberikan rasa memiliki. (tempo/hans)