Hari Raya Pertama, Puting Beliung Hebohkan Warga Jember

Iklan Semua Halaman

Hari Raya Pertama, Puting Beliung Hebohkan Warga Jember

02/05/2022

Jember (jurnalbesuki.com) - Hari raya pertama tahun 1443 Hijriah warga Jember dikagetkan Angin Puting Beliung yang terjadi di wilayah Desa Sumuran, Ajung, Jember, Senin (2/5/2022). Peristiwa yang terjadi pad sore sekitar pukul 16.00 WIB sempat diabadikan beberapa warga dan menjadi viral dimedia sosial.


Dalam video berdurasi pendek itu, banyak barang yang beterbangan diudara terbawa pusaran angin. "Kejadiannya sore ini, kami terima laporan warga adanya angin puting beliung. Kami juga tahu adanya rekaman video warga. Angin puting beliung itu menerbangkan banyak-banyak benda. Termasuk juga tampak ada kain yang terbang terangkat ke atas," kata Anggota TRC BPBD Jember Holik, di Mako Pusdalops, Senin (2/5/2022).


Tim Reaksi Cepat (TRC) langsung bergerak cepat menuju lokasi sekaligus membawa bantuan logistik sebagai bentuk antisipasi. Holik menyebut sesungguhnya sedang libur, tetapi karena kondisi seperti itu maka dengan suka rela dia dan tim berangkat untuk memantau langsung. "Nanti juga akan dilaksanakan Asesmen," ujarnya.


Video viral itu menggambarkan pusaran angin yang mmbubung dengan menerbangkan berbagai barang terutama benda-benda seperti plastik dan kain. Plastik dan kain itu sebelumnya digunakan warga untuk menutupi tanaman di sawah tersebut. Karena terbawa puting beliung, terlihat lembaran-lembaran plastik melayang-layang. Sangat jelas terdengar suara perekam dan warga disekitarnya berteriak histerik sebagai bentuk kepanikan.


Belum ada laporan mengenai dampak kerusakan akibat puting beliung tersebut. Namun petugas BPBD Jember sudah datang ke lokasi untuk melakukan asesmen.


"Kami sudah menerima laporan angin puting beliung itu. Kita juga sudah melihat rekaman video dari postingan warga di medsos. Kita masih melakukan asesmen," kata anggota TRC BPBD Jember, Holik.(hans)