Cegah PMK, Sapolairud Situbondo Razia Hewan Keluar Mauk Pelabuhan

Iklan Semua Halaman

Cegah PMK, Sapolairud Situbondo Razia Hewan Keluar Mauk Pelabuhan

16/05/2022

 

Situbondo (jurnalbesuki.com) - Untuk meminimalisir sebaran Penyakit Mulu Kaki (PMK), Satuan Polisi Air Udara (Satpolairud) Polres Situbondo melakukan Razia dipelabuhan Kalbut Situbondo. Sasaran razia adalaha kapal-kapal pengangkut sapi dari Madura dan kepulauan lain yang masuk ke wilayah Situbondo.


"Untuk menekan semaksimal mungkin potensi penyebaran PMK dari sapi asal luar Situbondo," jelas Kasat Polair Polres Situbondo, AKP Hari Pamuji, Sabtu (14/5/2022).


Menurutnya, razia dilakukan pada beberapa kapal. Salah satunya kapal layar motor (KLM) Barokah Jaya, yang bersandar di pelabuhan Kalbut. Tapi nihil. Tak ada hewan yang diangkut di dalamnya.


Pengakuan nakhoda KLM Barokah Jaya, terang Hari, sebetulnya ada puluhan ekor sapi yang hendak diangkut. "Namun, karena tidak ada rekomendasi dari petugas karantina setempat, nakhodanya tak berani membawa puluhan ekor sapi tersebut," tambahnya.


Kapal tersebut akhirnya kehilangan kesempatan mendapatkan uang sekitar Rp 4 juta sebagai biaya pengangkutan hewan tersebut.


Informasi yang diperoleh, razia oleh Satpolair Polres Situbondo dilakukan terhadap kapal-kapal yang berlabuh di Pelabuhan Kalbut, Situbondo.


Bukan hanya kapal yang sudah merapat di dermaga. Tapi juga kapal yang menunggu antrean hendak bersandar di pelabuhan.


Dengan perahu motor, petugas langsung mendatangi kapal-kapal yang masih ada di lepas pantai. Mereka langsung naik ke kapal melakukan razia untuk melihat muatan kapal.(detikjatim/hans)