Usai Lebaran, Pengolahan Lumpur Tinja Kota Banyuwangi Dioptimalisasi

Iklan Semua Halaman

Usai Lebaran, Pengolahan Lumpur Tinja Kota Banyuwangi Dioptimalisasi

19/04/2022


 Banyuwangi (jurnalbesuki.com) - Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Pemukiman (DPUCKPP) Kabupaten Banyuwangi akan segera melakukan pembenahan dan optimalisasi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPTL). Rencananya kegiatan itu akan dilakukan seusai bulan puasa atau sehabis lebaran.


Optimalisasi Instalasi Pengolahan limbah tinja dipusatkan di IPLT, Lingkungan kramat kertosari, kecamatan Banyuwangi mulai dikerjakan pasca lebaran 2022 mendatang. "Mulai kita optimalkan habis Lebaran, sebab peralihan IPLT dari  Dinas Lingkungan Hidup kepada kami baru dua minggu ini," ucap Plt Kepala DPU CKPP, Danang Hartanto.


Danang menyebut, perbaikan IPLT baik dari sisi sarana prasarana, termasuk pengolahan limbah akan dimaksimalkan. "Tentu nanti akan kita konsep sebaik mungkin, karena ini menjadi salah satu tupoksi kami yang baru," cetusnya.


Menurut Danang, pengolahan tinja sedianya memang harus dimiliki setiap daerah. IPLT di Banyuwangi sudah berdiri sejak lama, namun fungsi dan manfaat masih belum maksimal. "Nah ini yang nanti akan kita benahi pelan-pelan. Kita sudah menyusun konsep pengolahan tinja, nanti akan kita olah agar tidak terjadi pencemaran," jelasnya.


DPU CKPP, tambah Danang, akan melibatkan semua pihak, termasuk mengajak pihak swasta atau pelaku usaha sedot tinja agar pengolahan limbah dilakukan terpusat."Karena swasta-swasta ini kan banyak yang ngambil tapi kita tidak tahu dibuang kemana. Maka dari itu nanti akan kita dekati, kita ajak kolaborasi agar nanti semua pengolahan tinja terpusat di IPLT Kertosari," jelasnya.(kabarrakyat/hans)