PMI Jember Siagakan Ambulan hingga tenaga Medis Untuk dukung Mudik Lebaran

Iklan Semua Halaman

PMI Jember Siagakan Ambulan hingga tenaga Medis Untuk dukung Mudik Lebaran

25/04/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Palang merah Indonesia (PMI) untuk agenda mudik lebaran tahun ini telah menyiapkan sarana yang dimiliki untuk mendukung program layanan mudik tersebut.


Rencananya, keikutsertaan dalam posko pengamanan mudik lebaran tahun 2022 itu akan dilakukan hinggga tanggal 9 Mei 2022 mendatang. 


"Kami ikut siaga penuh selama libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah sejak 28 April sampai 9 Mei 2022," kata Ketua PMI Kabupaten Jember Zaenal Marzuki di kabupaten setempat, Sabtu.


Ia mengatakan PMI mendukung penuh posko Lebaran yang berdiri pada sejumlah titik di Kabupaten Jember dan ikut menyiagakan personel serta sarana pendukungnya.


PMI juga ikut mendirikan posko PAM Lebaran mandiri di Desa Garahan, Kecamatan Silo, dan di Klinik Pratama PMI Jubung, kemudian Pos PAM Terminal Tawang Alun, Pos PAM Wisata Pantai Pancer, Pos PAM wisata Watu Ulo, serta Pos Pelayanan Roxy Square.


"Tidak hanya itu, Call Center PMI Kabupaten Jember dengan nomor 0331-337022 juga siaga 24 jam penuh selama libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah untuk memberikan pelayanan," tuturnya.


Zaenal menjelaskan pihaknya juga menyiagakan relawan PMI dan tenaga kesehatan pendukung pada beberapa pos mudik Lebaran untuk memberikan dukungan kepada pos pengamanan dan pelayanan yang tersebar di sepanjang jalur mudik.


"Kami juga memberikan dukungan dengan menyiagakan empat ambulans di sejumlah posko Lebaran dan juga sarana pijat refleksi bagi masyarakat umum, khususnya pemudik di Posko PAM Garahan," katanya.


PMI Jember mengerahkan tim medis, yakni dokter dan perawat, relawan dan tenaga pendukung sebanyak 50 personil, serta seluruh kekuatan sarana pendukung lainnya diterjunkan hingga 9 Mei 2022.


"Seluruh kekuatan PMI Jember kami siagakan penuh untuk menunjang aktivitas posko layanan kesehatan dan ambulans agar masyarakat bisa nyaman dan menikmati mudik Lebaran," ujarnya.


Menurutnya, personel PMI bertugas selama 24 jam secara bergantian menjaga posko apabila sewaktu-waktu ada masyarakat membutuhkan layanan kesehatan maupun layanan lainnya.


"Lebaran tahun ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19, kami mengimbau kepada masyarakat Jember tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk mempersempit penyebaran virus Corona," katanya.(antara/hans)