Kesurupan dalam Prespektif Ilmu Medis

Iklan Semua Halaman

Kesurupan dalam Prespektif Ilmu Medis

11/04/2022


 jurnalbesuki.com - Ketika menemukan seseorang disebut kesurupan, hampir semua masyarakat menyebutnya sebagai kejadian aneh yang kental kaitannya dengan alam ghaib. Kesurupan selalu dimaknai sebagai bentuk masuknya mahluk alam lain kepada tubuh seseorang dan menyebabkan korban berprilaku aneh.


dilansir oleh alodokter, kesurupan dibahas secara medis. menurut ilmu medis, gangguan kesehatan pada seseorang yang disebut kesurupan itu sebenarnya mengalami gangguan apa?


Penjelasan Kesurupan Menurut Medis


Possession trance disorder termasuk ke dalam kategori gangguan disosiatif, yakni kategori gangguan mental yang ditandai dengan hilangnya sebagian atau seluruh integrasi akan pikiran, memori, identitas diri, kontrol gerakan tubuh, serta lingkungan sekitar.


Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), possession trance disorder merupakan gangguan yang terjadi ketika seseorang kehilangan identitas pribadi dan kesadaran akan lingkungannya secara sementara.


Nah, umumnya, orang yang mengalami possession trance disorder menunjukkan gejala atau tanda seperti berikut:


1. Kehilangan kendali atas tindakan yang dilakukannya

2. Kehilangan kesadaran terhadap lingkungan sekitar

3. Kehilangan memori atau ingatan

4. Kehilangan identitas pribadi

5. Kesulitan berkonsentrasi

6. Kesulitan membedakan kenyataan dan imajinasi

7. Perubahan nada suara

8. Perubahan perilaku

9. Keyakinan yang kuat bahwa terjadi perubahan penampilan tubuh


Penyebab dan Penanganan Possession Trance Disorder


Hingga kini, penyebab possession trance disorder belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang diduga bisa memengaruhi berkembangnya gangguan mental ini, yaitu:


1.Faktor genetik atau keturunan

2. Faktor lingkungan dan budaya yang memengaruhi pembentukan watak dan kepribadian seseorang

3. Stres psikososial, seperti kesulitan ekonomi, kematian kerabat dekat, serta konflik agama atau budaya

4. Peristiwa traumatis di masa lalu, terutama pada masa anak-anak, misalnya mengalami kekerasan seksual, terlibat dalam perang, atau menyaksikan tindakan bunuh diri.


Mengingat kondisi possession trance disorder sering dikaitakan dengan agama, budaya, dan lingkungan, maka untuk mendiagnosis kondisi ini, psikolog atau psikiater tidak akan hanya memeriksa kondisi psikis dan fisik pasien saja, tapi juga latar belakang lingkungan dan budaya di mana pasien dibesarkan.


Seseorang baru bisa didiagnosis mengalami possession trance disorder jika ia mengalami gejala-gejala di atas tanpa disengaja, terjadi di luar praktik keagamaan dan budaya, serta tidak dipengaruhi oleh kondisi medis tertentu, seperti cedera otak, epilepsi, dan efek zat psikoaktif apa pun.


Nah, apabila pasien memang benar didiagnosis menderita possession trance disorder, umumnya kondisi tersebut akan ditangani dengan kombinasi psikoterapi dan konsumsi obat-obatan.


Hingga saat ini, kaitan antara fenomena kesurupan dan gangguan mental masih terus dikaji dan diteiti lebih lanjut. Jadi, apabila kamu mengenal seseorang yang menunjukkan gejala-gejala possession trace disorder seperti di atas, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater, ya.

(sumber: alodokterdotcom/hans)