Gubernur Khofifah Tinjau Langsung Pelabuhan Jangkar

Iklan Semua Halaman

Gubernur Khofifah Tinjau Langsung Pelabuhan Jangkar

27/04/2022


 situbondo (jurnalbesuki.com) - Gubernur Jawa Timur KHofifah Indar Parawansa meninjau langsung arus mudik di pelabuhan Jangkar Situbondo pada Rabo, 27 April 2022 siang. Pelabuhan yang akan menyeberangkan pemudik menuju seluruh kepulauan di Sumenep Madura itu dipastikan lancar dan aman.


Gubernur Khofifah didampingi Bupati Situbondo Karna Suswandi, Kapolres AKBP Andi Sinjaya, Dandim 0823 Letkol Inf Neggy Kuntagina.


Menariknya, selain memantau arus mudik lebaran, Gubernur Khofifah juga memberikan uang saku kepada anak-anak yang ikut, serta memberikan sembako kepada para pemudik.


"Kami sengaja memantau arus mudik lebaran  di pelabuhan penyeberangan Jangkar, untuk memastikan arus mudik lebaran tahun ini. Mengingat selama dua tahun pandemi ada penyekatan,"ujar Khofifah, Rabu (27/4/2022).


Menurut dia, agar arus mudik tahun 2022 ini, tercatat sebanyak 169 pos pengamanan (pospam), dan sebanyak  49 pos pelayanan (posyan), serta sebanyak  23 res area mudik lebaran se Jawa Timur.


“Kita juga  memberikan pelayanan randem swab cek, ketika pemudik menjalani swab antigen dan terkonfirmasi Covid-19, maka langsung ditindaklanjuti dengan Swab PCR. Namun, jika PCR positif tanpa gejala,  maka pemudik diminta dirujuk ke puskesmas terdekat. Tapi, apabila bergejala sedang dan berat, maka di rujuk ke rumah sakit terdekat,”katanya.


Khofifah menegaskan, untuk membantu para pemudik yang mempunyai masalah  di jalan, seperti mobilnya macet,  pihaknya menyediakan call centre, sehingga para pemudik yang mobilnya macet itu bisa menghubungi call centre untuk minta bantuan.


"Kepada seluruh Tim Forkopimda se Jatim, saya minta pelayanan kita dilakukan seterpadu mungkin dan semaksimal mungkin dengan konektivitas sebaik mungkin,”katanya.


Lebih jauh Khofifah mengatakan, pihaknya berharap mudik lebaran tahun ini bisa berlangsung aman, sehat, lancar dan selamat hingga sampai tujuan. 


“Di penyeberangan Pelabuhan Jangkar saat ini keberadaannya  berbeda dengan tahun sebelumnya, di  Pelabuhan Jangkar sudah menggunakan movibel pried yang kita injak ini. Dengan begitu semua kendaraan aman saat masuk ke kapal” pungkasnya.


Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, hari ini (Rabu red-),  Forkopimda Situbondo,  mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa,  meninjau kesiapan arus mudik Idul Fitri 1443 H di pelabuhan penyeberangan Jangkar, Kabupaten Situbondo.


“Alhamdulillah, kesiapan pelayanan mudik lebaran tahun ini di pelabuhan penyeberangan Jangkar Situbondo sudah cukup baik. Kita sudah memfasilitasi tempat vaksinasi, pospam. Ini dilakukan  untuk memastikan layanan mudik lebaran dilakukan secara baik,” katanya.(fb)