Asyeeek, Lebaran Nanti Masuk Pantai Watu Ulo dan Papuma Gratis

Iklan Semua Halaman

Asyeeek, Lebaran Nanti Masuk Pantai Watu Ulo dan Papuma Gratis

16/04/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Tiket Masuk pantai Watu Ulo dan Tanjung Papuma yang merupakan dua primadona lokasi wisata Kabupaten Jember rencananya akan digratiskan selama satu bulan dimonet lebaran idul fitri 1443 Hijriah mendatang. kebijakan ini menyusul rembuk kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Jember dengan Perum Perhutani Jember. 


Untuk kepentingan itu Pemekab Jember menggelar rapat koordinasi yang melibatkan sejumlah pihak yakni Perhutani, Polri, dan TNI untuk melakukan hal-hal tekhnis terkait digratiskannya biaya masuk Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma. 


"Pemkab Jember mengambil kebijakan tersebut untuk menghapus persepsi negatif yang menyebutkan bahwa Pantai Watu Ulo dan Papuma menjadi lokasi wisata termahal di Jatim," kata Sekda Jember Mirfano usai menggelar rapat koordinasi dengan berbagai pihak di Pendapa Wahyawibawagraha Jember.


Pihaknya juga dalam rangka menghitung, mengkalkulasi, melakukan survei dan melakukan kajian potensi dari dua objek wisata pantai yang harus diintegrasikan itu.


"Survei dan kajian yang akan dilakukan antara lain terkait jumlah pengunjung, perputaran ekonomi dari sektor parkir, pelaku usaha, dan beberapa dampak lainnya. Tentunya hal itu juga berisiko," ujarnya.


Pemkab Jember, lanjut dia, sudah berkirim surat kepada Perhutani Jatim terkait uji coba gratis masuk Tanjung Papuma selaku pengelola objek wisata tersebut dan responnya positif.


Kepala Divisi Regional Perhutani Jawa Timur Karuniawan Purwanto Sanjaya mengatakan pada prinsipnya pihaknya mendukung rencana uji coba gratis masuk dua tempat wisata tersebut yakni Tanjung Papuma dan Pantai Watu Ulo


"Kami sangat mendukung program Pemkab Jember itu, namun ada empat syarat yang juga diperhatikan terutama keamanan dan kesehatan harus benar-benar dilaksanakan dengan baik," katanya.(hans)