Ratusan Pembalap Sejumlah Daerah di Indonesia, Meriahkan Balap Sepeda Tour De Rengganis

Iklan Semua Halaman

Ratusan Pembalap Sejumlah Daerah di Indonesia, Meriahkan Balap Sepeda Tour De Rengganis

15/06/2024

Para pembalap, memasuki garis finis Etape Satu di Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo

Situbondo (jurnalbesuki.com) - Ratusan pembalap dari sejumlah daerah di Indonesia, mereka  mengikuti kegiatan olahraga wisata atau  sport tourisme,  yakni balap sepeda "Tour de Rengganis"dengan menempuh jarak sekitar 131 kilometer.


Kegiatan balap sepeda  yang bertujuan untuk mengenalkan wisata di Situbondo dibagi dua etape. Untuk etape pertama hari ini (Sabtu red-), menempuh jarak 53 kilometer, dengan   start di Pantai Bama Baluran dan finish di Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa, Situbondo.


Sedangkan  untuk etape kedua  akan dilaksanakan besok (Minggu red-), ratusan peserta akan menempuh jarak sekitar 178 kilometer, dengan start di pendopo Kabupaten Situbondo di wisata Rengganis Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo.


Selain diikuti para pembalap lokal dan pembalap  daerah  sejumlah daerah di Indonesia, seperti DKI Jakarta, Jabar, Bali, Kalimantan Timur, Probolinggo, Bondowoso, Banyuwangi,  Lamongan, Kudus Jateng,  Tulungagung, Jember, Malang, Lumajang. Namun, juga ikuti pembalap dari Australia.


Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, dengan event balap sepeda internasional ini, pihaknya berharap  menjadi  menarik wisatawan domestik dan mancanegara, untuk berwisata disejumlah obyek wisata di Kabupaten Situbondo.


"Tahun lalu kami gelar balap sepeda satu etape,  namun untuk  tahun 2024 ini kami gelar dua etape. Sebagai  bentuk komitmen kami untuk terus meningkatkan perekonomian di Situbondo, yang salah satunya melalui ajang sport tourism Tour De Rengganis,"katanya.


Sementara itu Sopan Efendi, ketua panitia Tour De Rengganis Situbondo, Sopan Efendi mengatakan, tercatat  sebanyak 236 atlet balap sepeda yang mengikuti  ajang balap sepeda, dengan total hadiah sebesar Rp120 juta.


"Selain diikuti pembalap lokal, namun tour de rengganis juga diikuti pembalap dari sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan, dari Australia,"ujar Sopan Efendi.


Lebih jauh Sopan efendi menjelaskan, selain dibagi dua etape, namun balap sepeda tour de rengganis menempuh jarak 131 kilometer, dengan finish terakhir di wisata alam Rengganis.


"Selain itu, balap sepeda tahun 2024 ini, juga ada enam kategori  yang dilombakan, yakni men elite, woman open, men junior, men youth, master A, dan master B,"pungkasnya.(ary)