Pohon Berukuran Besar Tumbang, Jalur Pantura Situbondo Sempat Macet

Iklan Semua Halaman

Pohon Berukuran Besar Tumbang, Jalur Pantura Situbondo Sempat Macet

17/04/2024

Situbondo (jurnalbesuki.com)  - Sebuah pohon palembang berukuran sedang tumbang di jalur pantura Situbondo, tepatnya di jalan raya Desa/Kecamatan Arjasa, akibat diterjang hujan deras yang disertai angin kencang, Rabu (17/4/2024).


Akibatnya, arus lalin di jalur pantura Situbondo sempat macet, karena pohon jenis palembang yang tumbang itu,  menutup seluruh badan jalan aspal dilokasi kejadian.


Arus lalulintas kembali lancar di jalur pantura Situbondo,  setelah aparat kepolisian bersama personel Pusdalops BPBD dan petugas Tagana Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Situbondo, dibantu warga sekitar, berhasil mengevakuasi pohon tersebut dari tengah jalan.


"Khawatir akan terjadinya kemacetan arus lalin yang panjang, petugas Polsek Arjasa dan petugas lantas Polres Situbondo, mereka langsung memberlakukan sistem buka tutup dilokasi kejadian,"kata Abdul Gani, salah seorang sekitar.


Diperoleh keterangan, sebelum  pohon palembang  tumbang,  hujan deras  yang disertai angin  kencang melanda kawasan Situbondo, sehingga kondisi pohon palembang yang akarnya rapuh tumbang dan melintang di badan jalan aspal dilokasi kejadian. 


“Saat kejadian, saya sedang mengemudikan truk dari arah barat. Tiba-tiba para pemotor didepan menghentikan laju motornya, sehingga saya juga menghentikan laju truck, dan setelah dilihat ternyata ada pohon tumbang,"ujar Ahmad, 

sopir truk asal Kabupaten Banyuwangi.


Kasatlantas Polres Situbondo, AKP Tutud Yudho Prastyawab mengatakan, begitu ada informasi pohon tumbang petugas Satlantas Polres Situbondo bersama petugas BPBD dan Tagana Dinsos Situbondo langsung turun ke lokasi kejadian, untuk memotong dan mengevakuasi pohon tumbang tersebut.


"Diakui jalur pantura sempat macet sebentar,  namun setelah pohon tumbang berhasil dievakuasi, arus lalulintas di jalur pantura kembali lancar. Namun, sebelumnya untuk memecah kemacetan arus lalin, petugas memberlakukan sistem buka tutup,"katanya.(ary)