Realisasi Penerimaan PBB Baru Mencapai 52 Persen di Situbondo

Iklan Semua Halaman

Realisasi Penerimaan PBB Baru Mencapai 52 Persen di Situbondo

13/09/2023


 Situbondo(jurnalbesuki.com) - Realisasi penerimaan  pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kabupaten Situbondo sangat rendah. Pasalnya, hingga pertengahan September tahun  2023, namun realisasi penerimaan PBB baru mencapai 52 persen.


Padahal untuk tahun 2023, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Situbondo menargetkan sebesar  Rp10 miliar, pendapatan dari sektor PBB pada 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo,  Jawa Timur.


Terungkapnya realisasi penerimaan PBB rendah di Situbondo itu, terungkap saat Bapenda melakukan rapat  evaluasi bersama Sekretaris Daerah (Sekda), Camat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Satpol PP Pemkab Situbondo.


"Diakui realisasi penerimaan PBB baru mencapai 52 persen, seharusnya pada pertengahan  September  sudah mencapai 75 persen atau Rp7,5 miliar,"ujar Edy Wiyono, Kepala Bapenda Kabupaten Situbondo, Rabu (13/9/2023).


Menurut dia, banyak faktor yang menyebabkan rendahnya realisasi penerimaan  PBB dan kendala penagihan di masing-masing desa untuk tahun ini, seperti masih menunggu hasil panen.


"Bahkan, sejumlah  tambak  diketahui masih banyak yang belum ditagih,  karena faktor  jaraknya yangv jauh,  termasuk adanya  kendala kendala lainnya," ujar Edy Wiyono.


Pria yang akrab dipanggil Edy menegaskan, meski realisasi penerimaan masih rendah, namun ada kesepakatan dari camat di Kabupaten Situbondo, pada akhir tahun 2023  pendapatan dari sektor  pajak PBB bisa mencapai  100 persen. 


"Tentu untuk bisa memenuhi target tersebut, harus ada langkah konkrit dan strategi yang dilakukan  seluruh Camat, yaitu caranya harus melakukan kesepakatan dengan para  Kepala Desa, agar pada akhir bulan Desember 2023 harus terealisasi 100 persen,"bebernya.


Lebih jauh Edy menambahkan, dari sebanyak  17 Kecamatan  di Kabupaten Situbondo, hanya satu Kecamatan yang sudah mencapai ta

 90 persen,  yakni  Kecamatan Sumbermalang. Sedangkan Kecamatan Banyuglugur  baru mencapai 20 persen. 


"Tetapi dari 17 Kecamatan yang ada di Situbondo, semuanya sudah menyepakati di bulan Oktober 2023 ini, target yang akan dicapai rata rata diatas 65 persen, ini kesepakatan yang sudah disampaikan oleh semua Camat pada saat rapat koordinasi di Pemkab Situbondo," bebernya.


Edy mengatakan, meski sudah ada kesepakatan dengan seluruh camat, namun untuk memenuhi target tersebut, pihaknya juga akan  melibatkan dua OPD terkait dilingkungan Pemkab Situbondo, yaitu Satpol PP dan Inspektorat.(ary)