KPU Situbondo Gelar Kirab dan Deklarasi Pemilu 2024 Damai

Iklan Semua Halaman

KPU Situbondo Gelar Kirab dan Deklarasi Pemilu 2024 Damai

12/09/2023


 Situbondo(jurnalbesuki.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, menggelar kirab dan deklarasi Pemilu Damai. Kegiatan tersebut  merupakan bagian dari persiapan untuk Pemilu 2024, Senin (11/9/2023).,


Selain diikuti ratusan penyelenggara Pemilu tahun 2024 mendatang,  mulai dari petugas PPS dari 136 desa dan 17 PPK di  Situbondo, namun sebagian. komisioner KPU Situbondo, mereka ğjuga  ikut kirab, dengan menggunakan kereta senja yang ditarik seekor kuda.


Bahkan,  sebanyak 18 bendera  partai politik  (parpol) peserta Pemilu tahun 2024 mendatang, mereka  juga dikirab dengan start di depan emilu secara nasional dan agar masyarakat mengetahui partai-partai yang akan berpartisipasi dalam Pemilu 2023.


Kedatangan ratusan peserta kirab, yang juga diikuti oleh Ketua KPU Provinsi dan KPU Banyuwangi, disambut oleh Ketua KPU Situbondo, Marwoto, di pintu masuk Pendopo Kabupaten Situbondo.


Ketua KPU Situbondo menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari jadwal KPU Situbondo yang terintegrasi secara nasional untuk Kirab Pemilu 2024 mendatang. 


"Jadwal ini mencakup perjalanan dari sejumlah titik awal, termasuk Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat,"ujar Marwoto, ketua KPU Situbondo, Senin (11/9/2023).


Menurutnya, makna utama dari kegiatan ini adalah untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, karena hal ini penting dalam rangka memperkenalkan peserta Pemilu secara nasional,  agar masyarakat mengetahui partai-partai yang akan berpartisipasi dalam Pemilu.


",Untuk partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024, menjelaskan bahwa menurut target KPU pusat, tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 diharapkan mencapai 78 persen.

Untuk hari ini saja, ada sekitar 1500 orang yang ikut dalam Kirab Pemilu Damai,"imbuhnya.


Lebih jauh Marwoto menambahkan, usai menerima penyerahan tongkat estafet dari ketua KPU Banyuwangi. Selanjutnya, selama  sepekan tongkat estefet tersebut   akan dikirab ke sebanyak 136 desa di Kabupaten Situbondo.


"Selanjutnya,  tongkat estafet tersebut akan diserahkan kepada ketua KPU Bondowoso,"pungkasnya.(ary)