Meriahkan Agustusan, Pemdes Kayuputih Situbondo Gelar Pawai Budaya

Iklan Semua Halaman

Meriahkan Agustusan, Pemdes Kayuputih Situbondo Gelar Pawai Budaya

26/08/2023


 Situbondo(jurnalbesuki.com) - Untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023, Pemerintahan Desa (Pemdes) Kayuputih, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, menggelar pawai budaya, dengan peserta sejumlah elemen mayarakat setempat, Sabtu (26/8/2023).


Menariknya, sejumlah RT, RW dan Dusun di Desa Kayuputih, Kecamatan Panji, mereka menampilkan budaya di daerahnya masing-masing. Selain ada penampilan yang sifatnya menghibur seperti  tari-tarian, namun dalam  pawai budaya tersebut sebagian peserta memamerkan sejumlah benda pusaka.


Praktis, pawai budaya dengan rute sepanjang tiga kilometer menjadi perhatian warga setempat. Bahkan, meski kondisi terik matahari panas menyengat, namun kondisi tersebut tidak menyurutkan ribuan warga,  untuk melihat secara langsung pawai budaya tersebut.


"Ini merupakan tontonan gratis  warga Desa Kayuputih. Makanya, saya mengucapkan terima kasih kepala desa (Kades) Kayuputih, yang menggelai pawai budaya ini,"ujar Rima (36), salah seorang warga setempat, Sabtu (26/8/2023).


Kades Kayuputih, Kecamatan Panji, Situbondo Suriji mengatakan,pihaknya sengaja menggelar pawai budaya  dalam momen agustusan tahun 2023. Kegiatan agustusan ini melibatkan semua elemen masyarakat Desa Kayuputih.


“Selain bertujuan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 dan Harjakasi ke 205, namun kegiatan pawai budaya ini  juga untuk menghibur warga, dalam momen Agustusan tahun 2023,” ujar Suriji.


Lebih jauh, Suriji menjelaskan, jika kegiatan pawai budaya  ini juga bertujuan untuk meningkatkan kekompakan warga Desa Kayuputih,  Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo.


“Selain itu, kegiatan pawai budaya ini juga  untuk meningkatkan kecintaan warga terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dalam momen agustusan tahun 2023 ini,” pungkasnya.


Sekadar diketahui, selain diikuti sejumlah  RT, RW, sekolah TK, PAUD dan SD, serta Dusun di Desa Kayuputih, namun Kades Suriji bersama istri juga ikut berpawai, dengan menumpang mobil bak terbuka, Kades tiga periode tersebut juga ikut pawai hingga finish.(ary)