Serahkan Berkas, Puluhan Bacaleg Partai Demokrat Situbondo Naik Becak

Iklan Semua Halaman

Serahkan Berkas, Puluhan Bacaleg Partai Demokrat Situbondo Naik Becak

14/05/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Serahkan berkas pencalonan  ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), puluhan Bakal Calon Legislatife (Bacaleg), Partai Demokrat Situbondo naik becak, Minggu (14/5/2023).


Menariknya, dalam menyerahkan berkas persyaratan pencalonan, Partai Demokrat menyerahkan berkasnya  tepat pukul 14.14 WIB. Itu dilakukan sesuai dengan nomor urut Partai Demokrat pada Pemilu tahun 2024 mendatang.


"Kami sengaja menyerahkan berkas pada tanggal 14 Mei sekitar pukul 14.14 WIB, sesuai dengan nomor urut partai demokrat. Itupun sesuai instruksi DPP Partai Demokrat,"ujar Janur Sastra Ananda, Minggu (14/5/2023).


Menurut dia,  proses pendaftaran Bacaleg Partai Demokrat  berjalan lancar dan tidak ada Kendala. Bahkan,  semua persyaratan bacaleg yang kami ajukan dinyatakan lengkap dan benar.


"Selain itu,  prosentase keterwakilan perempuan untuk partai Demokrat mencapai angka 51 persen, artinya bacaleg pada tahun 2024 untuk partai Demokrat ini banyak didominasi keterwakilan perempuan. Bahkan, dari jumlah total sebanyak 45 Bacaleg, sebanyak 27 Bacaleg perempuan,"katanya.


Lebih jauh Janur menegaskan, untuk Pemilu tahun 2024 mendatang, Partai Demokrat Situbondo menargetkan tujuh kursi DPRD Situbondo, mengingat pada Pemilu tahun 2019 lalu, Partai Demokrat memperoleh lima kursi.


"Partai Demokrat mempunyai target realistis, yakni tujuh kursi pada Pemilu 2024 mendatang. Selain itu, para Bacaleg yang diterjunkan ke masing-masing Dapil semuanya petarung,"pungkasnya.


Sementara itu, Iwan Suryadi, Divisi Tehnik Penyelenggara KPU Kabupaten Situbondo mengatakan, untuk hari ini hingga pukul 19.00 WIB, tercatat sebanyak lima parpol yang mendaftar, yakni PPP, Golkar, Partai Demokrat, Perindo dan Partai Gelora. 


"Namun, dari sebanyak lima parpol, sebanyak empat  parpol dinyatakan lengkap dan benar, sedangkan partai gelora dinyatakan belum lengkap,"bebernya.


Iwan menegaskan, hingga pukul 19.30 WIB, jumlah total parpol yang menyerahkan berkas persyaratan Bacaleg-nya  sebanyak 13   parpol ke Kantor KPU Situbondo, sedangkan empat parpol belum menyerahkan berkasnya, PSI, Partai Umat, PKN, dan  Partai Gelora.


"Meski demikian, kami masih menunggu empat parpol yang belum menyerahkan berkas, hingga pukul 24.00 WIB,"katanya.(ary)