Bahas Kumer, Komisi IV DPRD Situbondo Kunker Ke Korwil Tengah

Iklan Semua Halaman

Bahas Kumer, Komisi IV DPRD Situbondo Kunker Ke Korwil Tengah

09/05/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Untuk memaksimalkan program kurikulum merdeka  (Kumer) yang akan dilaksanakan di semua sekolah di Kabupaten Situbondo,  Komisi IV DPRD  Situbondo,  melakukan kunjungan kerja ke  MKKS, K3S, Korwil di tengah bertempat di SDN 2 sumberkolak Kecamatan Panarukan, Situbondo. Senin (8/5/2023).


Anggota Komisi IV DPRD Situbondo, H. Tolak Atin mengatakan, pihaknya  bersama Dispendikbud  Kebupaten Situbondo,   melakukan kunjungan kerja  untuk menyerap aspirasi dari kepala sekolah dan Korwil,  terkait pernasalahan yang ada dilingkungan Dispendikbud Kabupaten Situbondo. 


"Kimisi IV DPRD Situbondo sangat mengapresiasi dan mendukung penuh terhadap ide,  gagasan  Kepala Dispendikbud  Situbondo,,  terkait adanya program pelaksanaan kurikulum merdeka,  baik ditingkat  SD maupun SMP  Kabupaten Situbondo,"katanya. 


Menurut dia, kunker ini bertujuan untuk memberikan solusi, menginventarisir  permasalahan yang akan muncul,  terkait akan diberlakukannya  kurikulum merdeka, sehingga pelaksanaannya nanti akan lebih sempurna. Kunker ini, juga untuk mengiventarisir para Kasek  yang sudah memasuki masa pensiun.


"Sehingga ketika sudah ada rekrutmen Kasek, kader ini sudah bisa langsung disiapkan. Dengan  adanya rekrutmen Kasek tersebut Dispendikbud harus punya kemampuan untuk memprotek tenaga pendidik yang ada di lingkungan Dispendikbud baik itu ASN maupun non ASN,"bebernya.


Tolak Atin menegaskan, protek ini  tidak hanya pada kewajibannya saja, tetapi hak haknya harus juga diproteksi,  sehingga ketika ada salah satu ASN yang diperlakukan tidak wajar, maka ini harus diproteksi. Bahkan, harus ada advokasi dari Dispendikbud,   untuk benar benar dibela hak haknya. 


" Ketika ada salah satu ASN yang  mau dimutasi, sebelumnya harus ada koordinasi antara BKPSDM sebagai OPD yang memberikan pelayanan langsung kepada OPD Dinas, tidak kemudian serta merta melakukan mutasi tanpa ada koordinasi, ini jangan sampai terjadi,"pungkasnya.


Sementara Plt. Kadispendikbud Situbondo, Hj. Siti Aisyah mengatakan kunker   Komisi IV DPRD ini tujuannya adalah bagaimana  kedepan memajukan peningkatan mutu pendidikan yang menjadi tanggung jawab  bersama,  banyak program program yang harus dilaksanakan dengan mewujudkan  profil pelajar pancasila. 


"Nah, bagaimana dapat mewujudkan profil pelajar Pancasila kalau didalam diri kita masing masing belum dapat mewujudkan profil itu, ada enam elemen untuk mewujudkan profil pelajar pancasila, ini tentunya para Kasek dan Korwil sudah menguasai kurikulum tersebut,"katanya.(ary)