Tergenang Air, Arus Balik Lebaran di Jalur Pantura Situbondo Sempat Macet Total

Iklan Semua Halaman

Tergenang Air, Arus Balik Lebaran di Jalur Pantura Situbondo Sempat Macet Total

25/04/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Arus balik lebaran tahun  2023 di Jalur pantura,  yang menghubungkan antara Situbondo-Banyuwangi sempat macet total sekitar satu jam. Itu terjadi lantaran jalan raya Desa Trigonco, Kecamatan Asembagus, Situbondo tergenang air, akibat meluapnya air sungai di sekitar jembatan "Buk Gentang", Selasa (25/4/2023).


Akibat genangan air di jalur pantura Situbondo,  yang mencapai sekitar 40-50 centimeter itu, mengakibatkan  terjadi  antrian panjang kendaraan roda maupun kendaraan roda empat hingga mencapai 3 KM di jalur pantura Situbondo, Jawa Timur, baik dari arah Kota  Surabaya maupun dari arah Kabupaten Banyuwangi.


Bahkan, puluhan sepeda motor dan kendaraan roda empat diketahui mogok. Itu terjadi lantaran mereka   memaksa menerobos genangan air di perbatasan antara Kecamatan Asembagus, dengan Kecamatan Banyuputih, Situbondo. Mendapati banyak kendaraan mogok di lokasi banjir, petugas bersama warga sekitar, mereka langsung mendorong puluhan kendaraan yang mogok tersebut. 


“Awalnya, saya memperkirakan mobil suzuki cari  dapat melintas di genangan air, namun saya memaksa untuk menerobos banjir justru  magok, sehingga petugas dan warga mendorong mobil ke pinggir,"ujar Suprapto, salah seorang warga Desa/Ceremi, Kabupaten Bondowoso, Selasa (25/4/2023).


Namun, arus balik lebaran tahun 2023 di jalur pantura Situbondo-Banyuwangi kembali lancar, setelah genangan  air mulai surut di jalur pantura. Itu terjadi setelah gabungan antara Polsek Asembagus, Koramil dan petugas pengairan, mereka bergotong royong material sampah di jembatan, yang mengakibatkan meluapnya air sungai ke jalur pantura Situbondo. 


Kapolsek Asembagus, Situbondo Iptu Gede Sukarmadiyasa mengatkan,  begitu mendapat informasi jalur pantura tergenang air akibat meluapnya air sungai, pihaknya langsung turun ke lokasi kejadian, namun untuk 

 mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalin  arus balik lebaran di jalur  pantura lebih parah lagi.


"Saya langsung melakukan koordinasi dengan petugas pengairan, mengingat yang menjadi penyebab banjir sampah menutup jembatan buk gentang. Bahkan, berkat kesigapan petugas gabungan membersihkan sampah di jembatan, arus balik lebaran kembali lancar, setelah genangan air mulai surut di jalur pantura Situbondo,"ujar Iptu Gede Sukarmadiyasa.


Menurut dia, agar banjir serupa tidak terjadi lagi di jalur pantura Situbondo, pihaknya menghimbau kepada warga di sepanjang bantaran sungai perbatasan antara kecamatan Asembagus dan Banyuputih, Situbondo agar tidak membuang ke sungai.


"Kami menghimbau masyarakat tidak membuang sampah ke sungai, utamanya kepada warga di sepanjang bantaran sungai,"pungkasnya.(ary)