Sosialisasi Keselamatan Pelayaran, PPLP Kelas II Tanjung Perak Bagikan Ratusan Life Jacket

Iklan Semua Halaman

Sosialisasi Keselamatan Pelayaran, PPLP Kelas II Tanjung Perak Bagikan Ratusan Life Jacket

04/04/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Menjelang arus mudik lebaran  tahun 2023, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Kelas II Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, menggelar sosialisasi tentang keselamatan pelayaran, Selasa (4/4/2023).


Namun, dalam melakukan kegiatan  sosialisasi, dengan tema  "Pengawasan dan Pengamanan (waspam) Angkutan Lebaran Tahun 2023", PPLP Kelas II Tanjung Perak Surabaya menggandeng  KSOP Kelas II Panarukan, Situbondo, Jawa Timur.


Menariknya,  kegiatan sosialisasi yang dilanjutkan dengan pembagian ratusan life jacket kepada para nelayan  itu, dipimpin langsung Devi A Mamesah selaku kepala PPLP Kelas II Tanjung Perak, Surabaya. Itupun dilakukan di galangan kapal KN Grantin dan di halaman Kantor KSOP Kelas II Panarukan, Situbondo.


"Kegiatan sosialisasi ini, merupakan   bentuk nyata pelaksanaan tugas dan fungsi,  PPLP  dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pemenuhan persyaratan keselamatan dan keamanan yang menyangkut angkutan di perairan, kepelabuhanan dan lingkungan maritim menjelang mudik lebaran  Tahun 2023 ini,” kata Herland Aprilyanto, Kepala KSOP Kelas IV Panarukan,  Situbondo.


Menurutnya,  seperti  amanah  Undang Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Ditjen  Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan pengawasan terhadap pemenuhan persyaratan keselamatan dan keamanan bagi semua kapal yang akan berlayar.


“Semua kapal baik kapal berkapasitas besar yang digunakan untuk pelayaran niaga, maupun kapal kecil atau kapal nelayan, kapal tradisional yang menjadi alat transportasi masyarakat,  seperti kapal yang beroperasi di Pelabuhan Pelabuhan di Kabupaten Situbondo mengikuti sosialisasi ini dan dihimbau serta diingatkan untuk memenuhi pesyaratan perlengkapan keselamatan kapal sebelum melakukan pelayaran. Selain itu, untuk mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat agar menjadikan keselamatan pelayaran menjadi kebutuhannya,”katanya.


Pria yang akrab dipanggil Antok menambahkan, sasaran sosialisasi keselamatan pelayaran, adalah masyarakat pengguna kapal tradisional dan para nelayan tradisional,  yang ada dilingkungan Pelabuhan Panarukan, Situbondo.


"Usai kegiatab  sosialisasi, petugas PPLP  langsung memberikan ratusan life jacket kepada ratusan nelayan di wilayah KSOP Kelas II Panarukan,"pungkasnya.(ary)