Mengantisipasi Lonjakan Pemudik di Pelabuhan Jangkar, KSOP Datangkan Kapal Latih

Iklan Semua Halaman

Mengantisipasi Lonjakan Pemudik di Pelabuhan Jangkar, KSOP Datangkan Kapal Latih

16/04/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Untuk mengurai terjadi lonjakan pemudik di pelabuhan pemyeberangan Jangkar, Situbondo, dengan tujuan, sejumlah kepulauan di Kabupaten Sumenep Madura, KSOP Kelas IV Panarukan, Situbondo bersama Direktur Politehnik Surabaya, mendatangkan kapal latih Bung Tomo, untuk mengangkut  ratusan penumpang mudik gratis.


Direktur Tehnik Politehnik Surabaya Heru Widada mengatakan, jika bantuan kapal latih untuk mengangkut ratusan penumpang mudik gratis  di pelabuhan Jangkar, Situbondo itu, merupakan bentuk sinergitas dengan KSOP Kelas IV Panarukan, Situbondo, Jawa Timur.


"Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang di pelabuhan Jangkar, kami  diperintahkan langsung  Kemenhub RI melalui Sumber Daya Perhubungan dan Dirjen Perhubungan Laut. Makanya, kami langsung menerjunkan kapal latih bung tomo, untuk mengangkut ratusan penumpang mudik gratis, "ujar Heru Widada, Minggu (16/4/2023).


Sementara itu, Kepala KSOP Kelas IV Panarukan, Situbondo mengatakan, karena menjelang lebaran hampir dipastikan akan terjadi lonjakan penumpang, sehingga mengantisipasi terjadinya tumpukan penumpang di pelabuhan Jangkar, dengan tujuan kepulauan di Sumenep Madura.


"Sehingga kami  mengajukan bantuan kapal Masa Lembu dan penambahan 12 trip kapal Ferry atau Roro. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga akan turun untuk membantu atau mengurai tumpukan penumpang di Pelabuhan Jangkar menuju ke Pulau Raas. Selain itu, untuk tahun ini, kami memprediksi sekitar  5000 hingga 6000 penumpang melalui pelabuhan Jangkar,” pungkasnya.(ary)