Penting, Inilah 12 Jenis Buah dan Sayuran Dengan Kandungan Pestisida Tinggi

Iklan Semua Halaman

Penting, Inilah 12 Jenis Buah dan Sayuran Dengan Kandungan Pestisida Tinggi

31/03/2023

ilustrasi buah mengandung pestisida(foto.detikfood)

 jurnalbesuki.com) - Makanan tidak sehat adalah jenis makanan yang harus dihindari demi menjaga kesehatan. Salah satu jenis makanan yang masuk kategori tidak sehat itu adalah mengandung pestisida. 


Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) yang berada di Amerika Serikat (AS) mengungkapkan, pestisida tertentu berkaitan erat dengan sejumlah masalah kesehatan, seperti keguguran, cacat lahir, dan cacat perkembangan anak.


Sejumlah penelitian juga telah memberikan bukti bahwa pestisida berkaitan dengan masalah pertumbuhan anak. Tidak hanya itu saja, pestisida juga bisa menjadi karsinogen atau pemicu bermutasinya sel sehat menjadi sel kanker saat diserap masuk ke sistem endokrin tubuh.


Melansir CNBC Make It, sejak 2004 lalu, Environmental Working Group (EWG) bersama Departemen Pertanian dan Food and Drug Administration (FDA) atau BPOM AS menganalisis data peringkat produk non-organik dengan pestisida terbanyak setiap tahunnya.


Lantas, apa saja buah dan sayuran yang mengandung banyak pestisida? Berikut daftarnya:

- Stroberi

- Bayam

- Kale dan Sawi

- Buah Persik

- Buah Pir

- Buah Nektarin

- Apel

- Anggur

- Cabai

- Ceri

- Bluberi

- Kacang Hijau.


"Lebih dari 90 persen sampel stroberi, apel, ceri, bayam, nektarin, dan anggur dinyatakan positif mengandung residu dua atau lebih pestisida," kata laporan EWG, dikutip Kamis (30/3/2023).


Meskipun demikian, FDA mengatakan buah dan sayuran yang masuk ke dalam daftar mengandung banyak pestisida masih bisa dikonsumsi, asalkan memperhatikan sejumlah hal.


Berikut cara mengurangi kemungkinan terpapar pestisida dari buah dan sayuran menurut FDA:

- Cuci tangan dengan sabun dan air hangat minimal 20 detik sebelum dan sesudah mengolah makanan dan sayuran


- Bilas buah dan sayuran sebelum mengolahnya untuk mengurangi kemungkinan kotoran dan bakteri mengenai pisau dari buah dan sayuran


- Gosok buah dan sayuran yang bersifat keras, seperti timun dan melon dengan sikat khusus sayuran hingga bersih


- Setelah dibersihkan, keringkan buah dan sayuran dengan kain bersih atau tisu dapur.


(sumber:cnbc/hans)