Longsor, Akses Jalan Menuju Rembangan Jember Tutup

Iklan Semua Halaman

Longsor, Akses Jalan Menuju Rembangan Jember Tutup

03/03/2023

Bencana Lonsor di Rembangan Jember (foto. antara)

 Jember (jurnalbesuki.com) - Bencana Tanah longsor kembali terjadi di jalur menuju Rembangan Jember menyusul guyuran hujan deras beberapa hari. Akibat tanah longsor pada Kamis (02/03/2023) diwilayah Desa Kemuning Lor Kecamata Arjasa itu menyebabkan jalur lalu lintas setempat tertutup tanah.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Jember melaporkan, longsoran terjadi di dua lokasi. Di lokasi pertama, material tanah dan batu selebar delapan meter dan tinggi 15 meter menutup akses jalan.


Lokasi kedua adalah longsoran material tanah dan baru dengan lebar enam meter dan tinggi lima meter. “Longsoran ini berdampak pada rumah warga,” kata Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo.


Rumah yang terdampak adalah milik Sukawar dan Jajang Andriana di RT 03 RW 11. dan rumah milik Rosit di RT 02 RW 11. Tidak ada korban jiwa. “Namun akses jalan Desa Kemuning tidak bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda dua, dikarenakan licin dan tertutup material serta lumpur,” kata Heru.


BPBD dan sejumlah relawan membersihkan jalan berlumpur dengan menggunakan cangkul dan sekop. Akhirnya, akses jalan kembali terbuka. Sementara itu warga membersihkan rumahnya secara gotong royong.


“Kami mengimbau warga untuk lebih berhati-hati bila melewati jalan yang rawan terjadi longsor dan untuk lebih berhati-hati ketika cuaca ekstrem,” kata Heru.(hans)