Hujan Deras Sebabkan 2 Desa di Lumajang Terendam Banjir

Iklan Semua Halaman

Hujan Deras Sebabkan 2 Desa di Lumajang Terendam Banjir

01/03/2023

Banjir akibat meluapnya sungai Gogosan Lumajang(foto.istimewa)

 Lumajang (jurnalbesuki.com) - Setelah diguyur selama beberapa jam, 2 Desa di Wilayah Kabupaten Lumajang terendam banjir. Masing-masing adalah Desa Sukorejo Kecamatan Kunir dan Desa Darungan Kecamatan Yosowilangun, banjir terdampak luapan Sungai Gogosan.


Sungai Gogosan yang secara volume tidak mampu menampung air akhirnya tumpah menggenangi areal pemukiman warga dikedua desa tersebut. 


Ketinggian banjir mencapai 40-50 Centimeter dan mengakibatkan terganggunya aktifitas masyarakat.


"Banjir luapan sungai ini mengakibatkan 40 rumah warga di Desa Sukorejo dan 40 rumah warga di Desa darungan terendam banjir," ujar Manajer Pusdalops BPBD Lumajang Dwi Cahyo.


Bahkan, jelas dia, warga terpaksa terpaksa beraktivitas di tengah genangan banjir. Warga pun kesulitan air bersih karena sumurnya tercemar banjir. Selain banjir merendam pemukiman warga, ratusan hektar lahan pertanian warga terendam banjir.


"Banjir ini disebabkan luapan sungai. Ketinggian air sekitar 50 cm, sehingga aktivitas warga terganggu," ujar salah satu warga, Putri Agustin.


Mereka berharap pemerintah melakukan normalisasi sungai hingga hilir sungai yang menuju pantai. Sehingga banjir di Desa Sukorejo dan Darungan ini segera teratasi.(detik/hans)