Ngeri, Banjir Bandang Hantam Pemukiman Warga Sempol Bondowoso

Iklan Semua Halaman

Ngeri, Banjir Bandang Hantam Pemukiman Warga Sempol Bondowoso

13/02/2023

Situasi pasca banjir bandang Sempol Bondowoso(foto.JBcom)

 Bondowoso (jurnalbesuki.com) - Banjir bandang kembali menghantam pemukiman warga Desa Sempol Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso awa Timur pada Minggu (12/02/20233) malam. Banjir yang berhulu dari Gunung Raung itu memporak-porandakan banyak Fasiltas umum masyarakat hingga rumah warga.


Informasi yang diperoleh dari warga sekitar menyebutkan, Banjir datang ketika masyarakat sedang berada dirumah masing-masing karena malam hari. "Tiba-tiba kami dikejutkan oleh suara air yang membawa material berupa kayu dan sampah hutan. Suaranya ramai dan bergemuruh," ujar Sutiawan,salah seorang warga Pemukiman Pesanggarahan Sempol, Senin (13/02/2023) pagi.


Menurutnya, banjir yang melanda mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak dan sebagian rumah dimasuki kotoran berupa lumpur dan potongan kayu yang terbawa arus air. Banjir itu merupakan luapan air sungai yang melintas didekat pemukiman yang tidak mampu menampung lagi.


Data yang dihimpun, Sedikitnya ada 70 rumah warga Sempol yang mengalami kerusakan akibat banjir tersebut. Sedangkan 13 rumah juga dilaporkan rusak di desa Kalisat. Banjir juga merusak beberapa fasilitas masyarakat seperti Gedung sekolah, Kantor Urusan Agama, Kamar mandi Umum dan beberapa Musholla.


"Kami terus melakukan asesmen, serta masih melakukan pendataan dampak dari banjir ini," jelas Kalaksa BPBD Bondowoso Dadan Kurniawan.


Lebih lanjut Dadan memaparkan, pihaknya mengimbau agar warga yang rumahnya dekat dengan bibir sungai untuk sementara mengungsi. Sebab, dikhawatirkan air yang datang dari kawasan perbukitan berpotensi masih besar.


"Cuaca di wilayah atas tak menentu, karena air diperkirakan memang dari hulu. Yakni daerah Gunung Suket atau Raung," ujar Dadan.


Saat ini warga terdampak sudah mengungsi di masjid Sempol dan Kalisat. Sebagian ada yang mengungsi di rumah saudara maupun kerabat lainnya yang tidak terdampak.(hans)