Bulog Jember Pastikan Stok Beras Aman Hingga Ramadhan 2023

Iklan Semua Halaman

Bulog Jember Pastikan Stok Beras Aman Hingga Ramadhan 2023

15/02/2023


 Jember (jurnalbesuki.com) - Ketersediaan beras untuk masyarakat Jember Jawa Timur dijamin mencukupi kebutuhan masyarakat hingga bulan ramadhan mendatang. Saat ini, data di Bulog menunjukkan stok beras masih tersedia sekitar 400 ton. 


Jika dilihat dari gerakannya, semestinya stok beras yang dikelola Bulog Jember saat ini bisa mencapai 2.000 ton. Tetapi jumlah itu sudah berkurang banyak karena digunakan untuk menggelontor pasar agar menekan harga beras yang naik tajam ketika beberapa waktu lalu.


"Beberapa waktu lalu kita gelontor pasar untuk menekan harga beras agar tetap stabil sehingga pada saat ini ketersediaan beras kami tinggal 400 ton," ujar Ahmad Mustari, Kepala Bulog Jember disela inspeksi Pasar bersama Pj Sekda Jember Arief Cahyono, Selasa (14/02/2023).


Bulog saat ini masih tetap memberikan dukungan kepada operasi pasar terus dilakukan untuk mengurangi tekanan harga. “Kami tentu bergandengan tangan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.” kata Mustari.


Sementara Kepala Disperindag Jember Bambang Saputro mengatakan, operasi pasar dilaksanakan sepanjang tahun ini, setiap Senin hingga Kamis di pasar-pasar di Kabupaten Jember. “Nanti pada bulan puasa dan bulan-bulan tertentu frekuensinya akan kami tambah. Bulog membawa 1-2 ton setiap hari dalam operasi pasar. Di samping operasi pasar menjual komoditas ke masyarakat, kami menyuplai kepada para pedagang dalam pasar,” katanya.


Operasi pasar selalu disambut antusasi warga. “Jam tujuh pagi kami buka, jam delapan pagi ludes. Alhamdulillah mulai kemarin kami didukung Alfamart yang membawa 600 liter Minyak Kita. Secara umum persediaan minyak goreng masih aman, baik premium dan curah. Tapi khusus untuk Minyak Kita, sedikit ada sedikit kelangkaan di Jember dan nasional,” kata Bambang.(hans)