Sambut Tahun Baru Pohon Randu Tumbang, Jalur Pantura Situbondo Macet Total

Iklan Semua Halaman

Sambut Tahun Baru Pohon Randu Tumbang, Jalur Pantura Situbondo Macet Total

01/01/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Sebuah pohon randu  berukuran besar di Jalur Pantura Situbondo, tepatnya di Jalan Raya Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo tumbang, setelah sebelumnya hujan deras yang disertai   angin kencang melanda kawasan tersebut, Minggu (1/1/2023) pagi.


Beruntung tidak korban dalam bencana pohon tumbang tersebut, namunarus lalulintas yang menghubungkan Situbondo dengan Kabupaten Probolinggo sempat macet total sekitar satu jam. Karena pohon tersebut melintang di badan jalan menutup seluruh akses jalan.


Arus lalulintas kembali lancar sekitar pukul 07.00  WIB, setelah aparat kepolisian bersama personel puluhan personel Brigade Penolong BP 1312 Kwarcab  Pramuka Situbondo dan Saka Bhayangkara Polres, yang mendirikan posko Karya Bakti Nataru, untuk mempercepat penanganan pohon tumbang yang  dibantu warga sekitar, mereka  berhasil mengevakuasi pohon tumbang  tersebut dari tengah jalan.


"Begitu ada pohon tumbang, puluhan personel pramuka  brigade penolong BP 1213 Kwarcab  Pramuka Situbondo dan anggota saka bhayangkara itu,  langsung memotong pohon tumbang dengan menggunakan chain shaw,"ujar Lukman Habsy, wakil ketua Brigade Penolong BP 1213 Kwarcab Pramuka Situbondo, Minggu (1/1/2023).


Diperoleh keterangan, pohon asam berukuran besar itu tumbang sekitar pukul sekitar pukul 05.30  WIB. Saat kejadian kawasan pantai wisata  pasir putih diguyur hujan deras disertai  angin sangat kencang, sehingga randu berukuran besar langsung tumbang.


“Saat kejadian, saya sedang mengemudikan truk dari arah barat. Tiba-tiba pohon randu   tumbang. Sehingga saya langsung menghentikan laju truk,” kata Yanto, sopir truk asal Kota Surabaya.


Kasatlantas Polres Situbondo, AKP Anindita mengatakan, begitu ada informasi pohon tumbang petugas Satlantas Polres Situbondo bersama anggota Pramuka dan anggota TNI  langsung turun ke lokasi kejadian, untuk memotong dan mengevakuasi pohon randu yang  tumbang tersebut.


“Setelah pohon tumbang berhasil dievakuasi, arus lalulintas di jalur Pantura Situbondo kembali lancar. Namun, sebelumnya untuk memecah kemacetan arus lalin, petugas memberlakukan sistem buka tutup,"katanya.(ary)