Lantik Pengurus DKS, Bupati Situbondo Karna Suswandi Minta DKS Tingkatkan Inovasi

Iklan Semua Halaman

Lantik Pengurus DKS, Bupati Situbondo Karna Suswandi Minta DKS Tingkatkan Inovasi

04/01/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Bupati Situbondo  Karna Suswandi,  Rabu (4/1/2023) resmi  melantik pengurus Dewan Kesenian Situbondo (DKS) di pendopo Kabupaten Situbondo, untuk  masa khidmat 2023-2027. Pelantikan tersebut dihadiri Wakil Bupati Nyai Hj. Khoirani Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,  serta Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.


Usai dilantik, Ketus DKS Edy Supriyono mengatakan, dirinya mengucapkan  diberi kesempatan kedua kalinya. Oleh karena itulah, dirinya mengaku ada banyak obsesi DKS yang ingin diwujudkan di tahun 2023. Salah satunya yakni menjadi konseptor kegiatan seni di Kabupaten Situbondo. 


"Saya berharap DKS lebih baik dari tahun sebelumnya. Selain itu, saya berharap DKS hanya sebagai konseptor atau mendesign, sedangkan   yang  melaksanakan para pegiat seni di  Kabupaten Situbondo," ujar Edy Supriyono, Rabu (4/1/2023).


Menurut dia, obsesi ke dua adalah  ingin lebih menghidupkan ruang ekspresi atau panggung ekspresi kesenian. Sebab,  selama ini, hanya ada satu panggung terbuka di Alun-alun Kota Situbondo setiap malam minggu. 


"Mudah-mudahan ke depan  panggung ekspresi  itu bisa digelar di wilayah timur dan barat Kabupaten Situbondo, sehingga bisa dimanfaatkan para pekerja seni di Kabupaten Situbondo,"katanya.


Pria yang akrab dipanggil  Edy menambahkan, sedangkan obsesi ketiga adalah ingin meneguhkan identitas Pemkab  Situbondo, dalam penggunaan odheng khas Situbondo. Sehingga kedepan odheng khas Situbondo lebih dikenal.


"Karena odheng merupakan  identitas Kabupaten Situbondo, saya berharap Bupati Situbondo (Karna Suswandi red-) tidak hanya satu hari  dalam sepekan, mewajibkan  para ASN dan  siswa di Situbondo untuk mengenakan odheng,"harapnya.


Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, pihaknya berharap  kreativitas DKS semakin ditingkatkan,  untuk menciptakan banyak inovasi. Agar berbagai event di Situbondo semakin menarik. Karena kedepan  pihaknya akan terus melibatkan DKS dalam event seni di Kabupaten Situbondo.


"Kedepan, saya menginginkan event yang lebih spektakuler lagi, sehingga kesejahteraan masyarakat lebih terlihat sebagaimana mewujudkan Situbondo Berjaya,"bebernya. 


Bupati Karna  meminta kepada DKS agar berbagai kegiatan seni  nantinya tidak hanya dipusatkan di Alun-alun Kota  saja. Namun, perlu menciptakan pusat perekonomian baru,  sebagaimna usulan dari DKS untuk menciptakan ruang ekspresi di tempat lainnya. Termasuk, untuk bersama-sama menggarap wisata Merak, Baluran. 


"Saya berharap kepada seluruh dinas maupun DKS mampu menjabarkan itu semua, keinginan kita untuk membangun Situbondo ke depan," pungkasnya.(ary)