Kenakan Baju Adat Nusantara, Ribuan Peserta Ikut Upacara HAB ke-77 Kemenag Situbondo

Iklan Semua Halaman

Kenakan Baju Adat Nusantara, Ribuan Peserta Ikut Upacara HAB ke-77 Kemenag Situbondo

03/01/2023


 Situbondo (jurnalbeauki.com) - Memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama  (Kemenag) ke-77 Tahun 2023, Kemenag Kabupaten Situbondo menggelar upacara di Alun-alun kota setempat, dengan  Inspektur Upacara (Irup)  Bupati Karna Suswandi, Selasa (3/1/2023).


Menariknya, ribuan  peserta upacara HAM Kemenag ke-77, mereka mengenakan pakaian adat sejumlah daerah  nusantara. Bupati Karna Suswandi, Kepala Kemenag Situbondo Slamet, dan anggota Forkopimda Situbondo dan tamu undangan, juga mengenakan pakaian ada nusantara.


Selain itu, sebelum upacara HAB Kemenag  Kabupaten Situbondo dimulai itu,  dilakukan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba dan penghargaan kepada para ASN  berprestasi. Bahkan, ditandai dengan pelepasan sebanyak 20 ekor burung merpati oleh Bupati Karna,  Kepala Kemenag dan anggota Forkopimda Situbondo.


Kepala Kemenag Kabupaten Situbondo Slamet  mengatakan, diakui  upacara mengenakan pakaian adat nusantara  ini baru pertama kali, sesuai dengan tema HAB Kemenag ke-77 tahun 2023 ini, yakni "Kerukunan umat untuk Indonesia hebat".


“Ini membuktikan  meski  kita beragam, tetap bisa bersama. Sehingga bisa  melestarikan pakaian adat nusantara yang menjadi kekayaan negeri ini,” ungkapnya.


Menurut dia, dalam momen HAB Kemenag ke-77 ini, pihaknya perlub menyamakan visi terkait keberagaman di Indonesia. Sebab, keberagaman itu telah menjadi identitas bangsa. Meski suku dan bahasa berbeda. Tetapinsemuanya adalah saudara sebangsa.


“Untuk  membangun Indonesia hebat adalah dengan membangun kesamaan visi terkait keberagaman, kerukunan dan toleransi, Upacara HAB kemenag kali ini bagian dari ikhtiar kita untuk menguatkan langkah mewujudkan visi tersebut,"bebernya.


Sementara itu, Bupati Karna Suswandi dalam sambutannya mengatakan, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kemenag. 


"Saya minta tidak ada ASN Kemenag yang partisan, apalagi ikut melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan," kata Bung Karna saat membaca amanat Menteri Agama RI.


Karna Suswandi menegaskan ASN Kemenag harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan. Dan yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pasa Indonesia hebat.(ary)