Harlah ke 50, PPP Gelar Ziarah Makam Pejuang dan Tokoh NU se Jember

Iklan Semua Halaman

Harlah ke 50, PPP Gelar Ziarah Makam Pejuang dan Tokoh NU se Jember

05/01/2023

Ketua DPC PPP Jember, Madini Farouq (foto. Sekretariat PPP)

 Jember (jurnalbesuki.com) - Peringatan Hari Lahir (Harlah) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ditandai Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Jember dengan menggelar Ziarah ke makam para pejuang dan tokoh NU yang tersebar dibanyak tempat.


Beberapa makbaroh Pejuang PPP dan Tokoh NU yang akan diziarahi antara Lain Makam KH. Abdullah Sholeh Suger, KH. Khotib Umar, KH. Moch Shiddiq, KH. Jauhari Zawawi Kencong dan tokoh-tokoh lainnya. 


Ketua DPC PPP Jember HM Madini Farouq menyatakan kegiatan itu merupakan bagian dari upaya untuk menjaga persambungan semangat antara generasi yang terdahulu dengan yang sekarang. 


"Ada ungkapan jangan sekali-kali melupakan sejarah (jasmerah-red), karena beliau-beliau adalah tokoh-tokoh NU yang memperjuangkan tegaknya Islam Ahlussunnah wal Jamaah lewat jalur politik," ujar Madini menerangkan, Kamis (05/01/2023).


Semua kader PPP harus memahami semangat yang diperjuangkan para pendahu tersebut. "Oleh karena itu, ziarah ini adalah bagian dari penguatan semangat kepada paa kader PPP dengan mendasarkan langkah pada semangat para pendahulu," papar Madini.


Sebelum pelaksanaan Ziarah, DPC PPP Jember juga menggelar Khotmil Qur'an yang dipsusatkan di Sekretariat Cabang Partai hari ini. Kegiatan yang akan diselenggarakan pada pukul 13.00 WIB itu aan diikuti oleh seluruh pengurus Partai dari Tingkat Kabupaten hingga pengurus Ranting. 


Selain Khotmil qur'an, DPC PPP Jember juga menggelar pembacaan sholawat nariyah 4444 kali untuk mendoakan partai agar tetap eksis dan jaya terutama dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang. Rangkaian peringatan Harlah juga dilengkapi dengan Bakti Sosial dan Halaqoh Ulama PPP dalam rangka pemberdayaan ekonomi pesantren.

"Sekaligus mensosialisasikan ulang rencana Ziarah ke makam termasuk menceritakan profil tokoh-tokoh Partai dan NU yang di ziarahi agar peserta semakin tahu sosok yang dimaksud,"pungkas Madini.

Berikut Daftar Makam yg akan di ziarahi : 

1. KH. Muhammad Shiddiq (Sesepuh NU di Jember).

2. KH. Mahfud Shiddiq (mantan Ketua umum HBNU).

3. KH. Abdullah Shiddiq (mantan Ketua DPW PPP Jawa timur).

4. KH. Jauhari Zawawi Kencong (Mantan Ketua DPC PPP Jember dan Sesepuh NU Kencong).

5. KH. Sholeh dan KH.Abdullah Sholeh Suger (Sesepuh PPP Jember).

6. KH. Syukri, KH.Umar dan KH.Khotib Umar Sbrbringin (Sesepuh NU dan PPP).

7. KH. Bahri Bakir (Mantan Ketua DPC PPP Jember).

8. KH. Nadlir Muhammad (mantan Ketua DPC PPP Jember).

8. KH.Mukmin Mahalli Sbrbaru (Sesepuh PPP).

9. Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid Tanggul (Waliyullah).

10. KH. Misrai Ledokombo. (Sesepuh NU).

11. KH. Habibullah Kalisat (Sesepuh NU).


Ditulis : Ahmad Hasan Halim  berdasarkan info ketua DPC PPP Jember.