Gunung Semeru Muntahkan Lava Pijar, Masyarakat Diminta Tak Beraktifitas

Iklan Semua Halaman

Gunung Semeru Muntahkan Lava Pijar, Masyarakat Diminta Tak Beraktifitas

27/01/2023

llutrasi Gunung Semeru Muntahkan Lava Pijar

 Lumajang (jurnalbesuki.com) - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur kembali memuntahkan lahar. Pantauan terakhir justru muntahan berupa lava pijar yang terlontar hingga 800 meter ke sisi tenggara atau mengarah ke kawasan Besuk Kobokan.


Muntahan lava pijar itu dengan jelas terekam oleh kamera CCTV di desa Oro-oro Ombo Kecamatan Pronojiwo Lumajang sejak Tadi malam, Kamis (26/01/2023) dan berlangsung hingga Jumat dinihari.


Pos Pantau Gunung Tertinggi di Pulau Jawa itu melaporkan bahwa muntahan lava pijar itu meluncur hingga 800 meter disertai suara gemuruh dan letusan. 


Kepala BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi menyebut hal tersebut masih dalam kategori normal pada gunung api yang berada di level 3 Siaga.


"Gunung Semeru masih level 3 siaga. Guguran lava pijar teramati tapi masih wajar di level 3 siaga ini," ujar Patria Dwi Hastiadi kepada detikJatim.


Sementara petugas tetap mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di radius 13 Km dari puncak Gunung Semeru dan 500 meter dari sepadan sungai hingga 17 KM di sepanjang aliran lahar.


"Kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai," pungkasnya.(detik/hans)