Dua Pekan Ditutup, Jumat Pelabuhan Jangkar Kembali Beroperasi

Iklan Semua Halaman

Dua Pekan Ditutup, Jumat Pelabuhan Jangkar Kembali Beroperasi

05/01/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Setelah ditutup selama dua pekan  akibat cuaca ekstrem, akhirnya  pelabuhan penyeberangan Jangkar, Situbondo, dengan tujuan beberapa pulau di Kabupaten Sumenep,  Madura dijadwalkan akan  beroperasi pada Jumat (6/1/2023).


Eko Rachman selaku Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Jangkar, Situbondo pada Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur mengatakan, karena cuaca mulai membaik, pihaknya menjadwalkan pelabuhan penyeberangan Situbondo kembali  beroperasi.


"Karena cuaca mulai membaik, Insya Allah besok (Jumat red-)   mulai beroperasi. Bahkan, peta BMKG (Selat Madura) terlihat warna kuning (sebelumnya merah). Ombak juga sudah tidak terlalu besar, yakni sekitar dua meter," ujar  Eko Rachman, Kamis (5/1/2023).


Menurut dia, akibat cuaca buruk, 

dua kapal feri yang sejak 23 Desember 2022 hingga kini  masih tertahan di Pelabuhan Jangkar Situbondo. Namun, karena cuaca mulai membaik, sehingga dua kapal feri tersebut sudah mempersiapkan untuk kembali  berlayar,  yakni KMP Dharma Kartika rute Jangkar-Raas dan Kapal Hulalo rute Jangkar-Kangean.


"Dua kapal feri yang saat ini masih di Pelabuhan Jangkar, katanya sudah berkoordinasi dengan kapten kapal. Mereka mempersiapkan semuanya termasuk jumlah penumpang maupun kendaraan yang akan diangkut ke Pulau Raas dan Pulau Kangean,"pungkasnya.(ary)