Ratusan Atlet Panjat Tebing 25 Pengprov FPTI, Ikut Kejurnas Panjat Tebing KU di Situbondo

Iklan Semua Halaman

Ratusan Atlet Panjat Tebing 25 Pengprov FPTI, Ikut Kejurnas Panjat Tebing KU di Situbondo

02/12/2022


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Ratusan atlet panjang tebing dari 25 Pengurus Provins (Pengprov)  Federasi Panjat Tebing Indonesia  (FPTI), Jumat (2/12/2022)  mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) panjat tebing lima  kategori kelompok umur (KU) di venue panjat tebing  Pasir Putih Water Sport, Situbondo, Jawa Timur.


Lima kategori  KU  yang dipertandingkan dalam Kejurnas panjat tebing di Kabupaten Situbondo, yang diagendakan dilaksanakan  selama enam hari, mulai 1-6 Desember 2022, yakni Junior (2003-2004), Youth B (2005-2006), Youth B (2007-2008), Kids Youth C (2009-2010) dan Youth D (2011-2012).


Ketua Pengprov FPTI Jawa Timur, Danu Iswara mengatakan, semestinya  Kejurnas lima KU panjan tebing ini   digelar di Maluku. Namun karena Maluku dinyatakan tidak siap, sehingga event tersebut dialihkan ke  Jawa Timur, tapatnya fi venue panjat tebing water sport di Pasir Putih, Kecamatan Bungatan,  Situbondo.


“Kejurnas kelompok umur ini ada junior dan senior. Junior usianya 17 sampai 18 tahun. Kalau senior 17 tahun ke atas. Peserta tinggal memilih, apakah ikut yang junior atau senior,” ujar Danu Swara, Jumat (2/12/2022).


Menurut dia, sebetulnya tercatat sebanyak 250 atlet yang mendaftar dalam Kejurnas KU tersebut, namun hanya 235 atlet yang menyatakan siap mengikuti kejurnas panjat tebing. Mereka berasal dari 25 Pengprov FPTI   di Indonesia.


"Dantaranya, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Jakarta, Sulawesi Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.


Direktur Pasir Putih Water Sport, Arman Van Kempen mengaku, pihaknya memang berkomitmen untuk konsisten menggelar event nasional panjat tebing, voli pantai, open water swimming, maupun triathlon.

“Akhir Desember ini akan ada seleksi nasional triathlon. Ini bukti komitmen kami untuk membangkitkan olahraga di Situbondo,” bebernya. 


Sementara itu, Nila Ayu Putri, salah seorang atlet panjat tebing Bogor Jawa Barat mengatakan, ini merupakan tantangan baru bagi para atlet dalam Kejurnas KU di Situbondo.


"Mengingat, biasanya  kejuaraan panjang tebing digelar di kota, namun ini merupakan tantangan kejurnas panjang tebing di Situbondo, karena dilaksanakan di pantai,"katanya.(ary)