PCNU Situbondo Tegaskan Haram Hukumnya Mengganggu Perayaan Natal Umat Kristiani

Iklan Semua Halaman

PCNU Situbondo Tegaskan Haram Hukumnya Mengganggu Perayaan Natal Umat Kristiani

03/12/2022


 Situbondo (juralbesuki.com) - Menjelang perayaan natal tahun 2022, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU)  Situbondo,  memberikan jaminan keamanan kepada umat kristiani, yang akan merayakan misa natal tahun 2022 di Kabupaten Situbondo. 


Bahkan, PCNU Situbondo menegaskan,  haram hukumnya bagi umat muslim mengganggu perayaan ibadah natal umat Kristiani. Penyataan tersebut disampaikan Ketua PCNU Situbondo KH Muhyidin Khotib.


"Sahabat kita dari non-muslim, seperti  Kristen, Katolik dan Budha, merekan  tidak pernah mengganggu kita saat menjalankan ibadah. Jadi konsekuensinya kita haram hukumnya mengganggu (ibadah -red-) mereka,"ujar KH Muhyidin Khotib, usai menerima silahturahmi dengan Pengurus Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) Situbondo, Sabtu (3/12/2022). 


Menurut dia, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat, termasuk didalamnya tanggung warga nahdliyin Situbondo.


 "Karena kunci kita untuk beraktivitas adalah aman. Kalau sudah aman kita bisa beribadah dengan tenang. Oleh karena itu, jangan sampai kita menciptakan rasa tidak aman yang timbul dari kita sendiri,"bebernya. 


Kiai Muhyidin menegaskan, sebagai bentuk  sinergitas Bamag Situbondo  untuk menjaga Kamtibmas dalam momen perayaan natal, pihaknya akan menerjunkan ratusan personel Banser, 

untuk menjaga sejumlah gereja di Kabupaten  Situbondo. 


"Bahkan,  kami sudah melakukan setiap tahun. Namun, tahun 2022 ini penjagaan akan ditingkatkan, makanya teman-teman Banser akan saya panggil semuanya,"imbuhnya.


Bahkan, KH Muhyiddin Khotib mengajak tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk turut menjaga situasi Kamtibmas, khususnya menjelang perayaan Natal dan tahun baru.


"Saya yakin itu, Insya Allah dari warga NU sudah dewasa para kyai terutama tidak ada yang menyebarkan kebencian dan tidak ada yang mengajarkan berburuk sangka," pungkasnya.


Sementara itu, ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) Situbondo, Dandun Edi Sujoko mengatakan, pihaknya bersyukur bisa bersilaturrahmi kepada para kiai dan pengurus PCNU Situbondo, untuk membangun sinergitas dan menjaga kondusifitas menjelang perayaan natal tahun 2022.


"Sebetulnya sinergitas PCNU Situbondo sudah lama  dilakukan Bamag, namun sejak pandemi Covid-19 sempat vakum 2 tahun, dan diharapkan sinergitas di tahun 2022 ini merupakan awal yang baik, untuk melanjutkan sinergitas antara Bamag dan PCNU,"katanya.(ary)