Lantik 17 Kades Terpilih, Bupati Karna Imbau Kades Tak Main Pecat Perangkatnya

Iklan Semua Halaman

Lantik 17 Kades Terpilih, Bupati Karna Imbau Kades Tak Main Pecat Perangkatnya

07/12/2022


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Sebanyak 17 kepala desa (Kades) terpilih dalam Pilkades serentak pada 6 Oktober  tahun 2022 lalu  resmi dilantik. Pelantikan dan pengambilan sumpah belasan Kades tersebut langsung dipimpin Bupati Karna Suswandi di pendopo Kabupaten Situbondo, Rabu (7/12/2022).


Usai melantik 17 Kades yang 14 kecamatan di Kabupaten Situbondo untuk masa bhakti 2022-2028, Bupati Karna Suswandi  meminta kepada para Kades yang baru dilantik,   untuk merangkul kelompok-kelompok yang sebelumnya tidak mendukungnya.


“Saya minta kepada para Kades yang baru dilantik untuk menjaga amanah dengan baik, dengan cara memberi pelayanan terbaik kepada warganya. Selain itu, saya juga meminta agar para Kades tidak memecat perangkatnya  tanpa alasan,” kata Bupati Karna Suswandi, Rabu (7/12/2022).


Karna  menambahkan,   melalui sumpah dan pelantikan itu dapat dimaknai sebagai titik awal melekatnya tugas, wewenang, dan kewajiban sebagai kades.


”Kalimat sumpah bukanlah sekadar untaian kata. Jika diresapi dan dipahami mempunyai makna beban tanggung jawab yang relatif berat. Amanah yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh,”bebernya.


Lebih jauh Karna berharap, para Kades harus bisa mengetahui potensi perangkat desanya. Sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa meningkatkan. 


"Ketika bekerja dengan baik, para Kades harus memberikan reward. Namun ketika kinerjanya buruk, para Kades harus memberikan panismen," pungkasnya. 


 Kepala DPMD Kabupaten  Situbondo, Suriyanto, menjelaskan setelah acara pelantikan tersebut para Kades bakal mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas SDM. "Itu sudah kami rencanakan tanggal 20 sampai 24 Desember di Pasir Putih," ujarnya.(ary)