Gempa Bumi Magnitudo 6,0 SR di Jember, Getarannya Dirasakan di Rutan Situbondo

Iklan Semua Halaman

Gempa Bumi Magnitudo 6,0 SR di Jember, Getarannya Dirasakan di Rutan Situbondo

06/12/2022


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Gempa bumi magnitudo berkekuatan 6,0 skala richter (SR) di Kabupaten Jember, Selasa (6/12/2022) sekitar pukul 13.07 WIB,   dengan pusat gempa dengan kedalaman sekitar 10 kilometer, getarannya di rasakan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.


Bahkan, para  petugas Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Situbondo sempat panik, karena sejumlah benda diketahui  bergerak di ruangan tempat kerjanya, sehingga mereka keluar dari ruangannya untuk menyelamatkan diri. Begitu sadar gempa mengguncang  Kabupaten Situbondo.


Selain itu, ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Situbondo, mereka berteriak dan mengucapkan kalimat takbir  Allah Akbar. Begitu mengetahui yang menggerakan sejumlah  benda di kamar  blok hunian para WBP tersebut gempa bumi.


"Saat gempa bumi terjadi, saya dan teman-teman sedang nyantai, sehingga begitu mengetahui ada gempa bumi,  saya dan teman-teman langsung ke luar ruangan,"kata petugas Rutan Situbondo, yang tidak mau disebutkan namanya, Selasa (6/12/2022).


Kepala Rutan kelas II B Situbondo Rudi Kristiawan mengatakan, getaran gempa bumi di Kabupaten Jember, getarannya juga dirasakan di Rutan Situbondo. Bahkan, sebagian petugas yang sempat panik.


"Meski sempat membuat panik, namun  seluruh tembok  bangunan dan tembok di kamar blok hunian para WBP Rutan kelas IIB Situbondo kondisinya aman tidak ada yang retak,"ujar Rudi Kristiawan, Selasa (7/12/2022).


Menurut dia, begitu getaran gempa bumi di Jember dirasakan, pihaknya bersama petugas lain langsung melakukan cek sejumlah fasilitas di Rutan Situbondo, seperti  cek kondisi bangunan dan kondisi ratusan   WBP Rutan Situbondo.


"Meski gempa berkekuatan 6,0 tidak ada dampaknya, namun kami menghimbau kepada petugas dan para WBP untuk tetap hati-hati serta waspada,"pungkasnya.(ary)