Amankan Nataru, Polres Situbondo Terjunkan Sniper di Jalur Pantura

Iklan Semua Halaman

Amankan Nataru, Polres Situbondo Terjunkan Sniper di Jalur Pantura

22/12/2022


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Selama operasi lilin Semeru Tahun 2022 mulai 23 Desember 2022 hingga 3 Januari  2023 mendatang, Polres Situbondo menerjukan 530 petugas  gabungan. Mereka  akan ditempatkan pada satu pos pelayanan (Posyan) dan empat pos pengamanan (Pospam) di sepanjang jalur Pantura Situbondo, Jawa Timur.


Namun,  untuk mengantisipasi aksi kejahatan jalanan atau bajing loncat, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 . Polres Situbondo menerjunkan satu pleton personel penembak jitu di sepanjang jalur pantura Situbondo.


Para penembak jitu itu akan, ditempatkan di tiga  titik rawan. Yakni, di hutan Baluran Desa Banyuputih, Kecamatan Banyuputih, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, serta di sekitar Desa Banyuglugur, Kecamatan Banyuglugur, Situbondo.


Pasalnya, pada tiga  titik rawan tersebut sering digunakan para bajing loncat untuk melakukan aksinya, untuk menghadang serta merampok kendaraan umum yang sedang melintas di Jalur Pantura Situbondo.


Bahkan, dalam melakukan aksinya pelaku tidak segan-segan mengancam keselamatan jiwa para sopir yang sedang melintas di jalur pantura tersebut.


“Seperti kendaraan truk yang sarat dengan muatan, yang sering dijadikan sasaran utama para kawanan bajing loncat di Jalur Pantura Situbondo,merupakan  jalur pantura terpanjang di Jawa Timur,” kata Kapolres Situbondo, AKBP Andi Sinjaya, Kamis  (22/12/2022).


Menurutnya, jalur Pantura Situbondo merupakan jalur paling padat arus lalin  dan rawan. Karena jalur pantura Situbondo merupakan jalur yang menghubungkan antara pulau Jawa dan pulau Bali.


“Sehingga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengemudi yang sedang melintas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru  (Nataru) 2023. Kami terjunkan sniper pada tiga titik-titik rawan kejahatan,” jelasnya.


Nantinya, para penembak jitu tidak hanya menetap di satu titik rawan saja. Melainkan akan terus bergeser ke sejumlah titik yang dinilai rawan tindak pidana kriminal jalanan (Street Crime).


Selain menerjunkan penembak jitu, selama Nataru  Polres Situbondo juga akan mendirikan empat Pospam dan satu Posyan di Jalur Pantura.


“Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, pada arus lalin selama operasi lilin semeru tahun 2023. Kami juga melibatkan 530   petugas gabungan, yakni TNI, Polri, petugas Perhutani, Pramuka,  Satpol PP, Dishub dan petugas Dinkes Pemkab Situbondo,” pungkasnya.(ary)