Sholawat Nariyah: Sejarah, Arti dan Bacaannya

Iklan Semua Halaman

Sholawat Nariyah: Sejarah, Arti dan Bacaannya

11/11/2022


 jurnalbesuki.com - Dalam perjalanan sejarahnya, berbagai jenis sholawat kita kenal, salah satunya adalah sholawat Nariyah. Jenis sholawat kita kenal dan banyak dibaca oleh kalangan umat muslim terutama di Indonesia. 


Dalam buku yang ditulis oleh Suhaidi Ghazali dan Shobri Shaleh Anwar berjudul Sholawat Populer disebutkan bahwa terdapat sejumlah pendapat yang mengemukakan sejarah sholawat Nariyah. Termasuk yang menyatakan siapa pencipta sholawat tersebut. Beberapa pendapat menyebutkan pencipta sholawat Nariyah itu adalah As-Sanusy.


Ada juga yang menyatakan sholawat nariyah disusun oleh Syekh Nariyah yang hidup pada zaman Rasulullah SAW, dan termasuk salah satu sahabat nabi yang menekuni bidang ketauhidan. Ia selalu bermunaat kepada Allah untuk memintakan keselamatan dan kesejahteraan untuk Nabi SAW.


Syech Nariyah diberi Karomah beasr oleh ALlah setelah suatu malam bermunajat kepada Allah dengan membaca ayang disusunnya sebanyak 4444 kali. 


Terlepas dari sejarah sholawat nariyah, Allah memerintahkan kepada hamba-Nya untuk bersholawat kepada Nabi SAW sebagai bukti cinta dan hormat kepadanya. Selain itu orang yang bersholawat berarti berdoa kepada Allah agar diberi rahmat-Nya.


Dalam Surah Al-Ahzab ayat 56 pun disebutkan bahwa Allah memberi rahmat bagi untuk Nabi Muhammad, sementara para malaikat memohon ampunan baginya dengan bersholawat.



اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا


Arab Latin: Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna 'alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ 'alaihi wa sallimụ taslīmā


Artinya: "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."


Rasulullah SAW juga mengatakan dalam haditsnya yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa beliau bersabda:


مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بها عَشْرًا


Artinya: "Barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim)



Berikut bacaan sholawat nariyah:


اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَماً تَامّاً عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ، وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ، وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ، وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ، فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ



Arab-latin: Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman 'alâ sayyidinaa Muhammad alladzî tanhallu bihil 'uqadu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhâ bihil hawaaiju wa tunâlu bihir raghâ-ibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghamâmu biwajhihil karîmi wa 'alâ âlihi wa shahbihî fi kulli lamhatin wa nafasin bi-'adadi kulli ma'lûmil laka


Artinya: "Ya Allah , limpahkanlah rahmat dan keselamatan yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad yang dengan perantaranya dapat melepas segala kerepotan atau ikatan, menghilangkan segala kesusahan, mendatangkan segala hajat, tercapainya husnul khatimah, dan terpenuhi segala keinginan, diturunkan hujan dari awan berkat wajahnya yang mulia dan juga kepada keluarganya dan sahabatnya dalam setiap kedipan mata dan tarikan napas, sebanyak pengetahuan yang Engkau miliki."

(sumber:detik/hans)